Ini Dia Calon Presiden Pilihan Warga NU: Erick Thohir dan Tokoh Ini Termasuk?

Ini Dia Calon Presiden Pilihan Warga NU: Erick Thohir dan Tokoh Ini Termasuk?

Ini Dia Calon Presiden Pilihan Warga NU: Erick Thohir dan Tokoh Ini Termasuk?

Kolase Foto Ini Dia Calon Presiden Pilihan Warga NU: Erick Thohir dan Tokoh Ini Termasuk? (Foto:


Ini dia calon presiden 2024 pilihan warga Nahdlatul Ulama berdasarkan Riset Center for Strategic on Islamic and International Studies (CSIIS). Salah satu tokoh yang termasuk dalam riset tersebut adalah Erick Thohir. 

Riset Center for Strategic on Islamic and International Studies (CSIIS) juga mengungkap sejumlah nama tokoh lain yang menjadi kandidat kuat capres 2024 pilihan warga NU. 

Beberapa tokoh lainnya adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo gaes. 

Hal tersebut diungkap lanngsung oleh Direktur Eksekutif CSIIS Moh Sholeh Basyari melalui keterangan tertulisnya. 

Moh Sholeh Basyari menduga bahwa kemunculan nama Erick Thohir ini masuk ke dalam 3 besar tokoh capres pilihan warga NU lantaran pendekatannya kepada warga NU yang cukup efektif. 

"Kemunculan Erick Thohir masuk tiga besar survei bisa dibaca bahwa pendekatannya kepada komunitas NU cukup efektif," kata Moh Sholeh Basyari dalam keterangannya pada Rabu, 26 Januari 2022. 

Tokoh jadi capres pilihan warga NU

Nama Erick Thohir masuk dalam tokoh capres 2024 pilihan warga NU di Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, dan Lampung. 

CSIIS mencatat nama Erick Thohir, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto menjadi capres pilihan warga NU Jawa Tengah. Sementara itu di Jawa Barat muncul nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Sementara itu, di Banten, nama Erick Thohir, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto kembali muncul. Hal tersebut juga terjadi di lampung. 

Tak hanya itu, nama Yenny Wahid juga sempat muncul dan mengalahkan politisi NU sendiri, seperti Muhaimin Iskandar dan Saifullah Yusuf. 

Moh Sholeh Basyari mengatakan bahwa hasil survei tersebut diambil melalui wawancara mendalam kepada responden yakni warga NU. 

"Data survei diamil dengan wawancara mendalam. Wawancara secara tidak langsung responden tidak dalam posisi mengetahui bahwa dia telah diambil datanya," ungkap Moh Sholeh Basyari. 

Itulah beberapa nama tokoh yang masuk dalam calon presiden pilihan warga NU menurut survei CSIIS. 




Erick Thohircalon presiden pilihan warga NUCapres Pilihan warga NUWarga NUNahdlatul Ulamacapres 2024calon presiden 2024

Share to: