Diisukan Dapat Pengecualian, BTS Diusulkan Ikut Alternatif Pengganti Wamil Ini

Diisukan Dapat Pengecualian, BTS Diusulkan Ikut Alternatif Pengganti Wamil Ini

Foto

BTS (Sumber: Instagram)


BTS merupakan grup K-pop yang mendapat usulan pengecualian wajib militer (wamil). Namun diwajibkan mengganti wamil dengan alternatif lain.

Usulan tersebut sebelumnya telah dilontarkan oleh Menteri Kebudayaan Korea Selatan kepada pemerintah agar grup K-pop yang global mendapatkan pengecualian dalam program wamil yang diwajibkan bagi penduduk Korea Selatan.

Baca Juga: Biodata dan Profil Wafda Lubis: Umur, Agama dan Karier, Pemeran Nabil di Kekasih Halal ANTV

Dikutip dari yonhap pada Rabu 5 Mei 2022 Menteri Kebudayaan,Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan, Hwang Hee mengatakan tokoh seni berskala global sudah saatnya mendapat pengecualian dalam program wajib militer yang diberlakukan bagi warga Korea Selatan pada umumnya. 

"Saatnya menciptakan sistem untuk memasukkan tokoh seni budaya populer sebagai personel seni," Ungkap Hwang.

Alternatif Wamil Bagi Artis Bersekala Global Seperti BTS

Dalam praktiknya ada beberapa kegiatan yang bisa digunakan sebagai alternatif wajib militer.

Hwang memberikan contoh terhadap kegiatan tersebut, seperti, atlet pemenang penghargaan global atau musisi klasik dapat menjalani wajib militer sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Maka dengan demikian, program yang nantinya akan diberlakukan ini merupakan bentuk penghargaan yang diberikan kepada publik figur yang sudah mendunia seperti BTS dan dan artis lainnya.

“Sistem ini dijalankan bagi mereka agar lebih banyak kesempatan untuk berkontribusi pada negara, dan tidak ada alasan bidang seni-budaya popular harus dikecualikan dari hal ini,” Ungka Hwang Hee.

Disamping itu Hwang juga menjelaskan bahwa jika wajib militer ini diberlakukan kepada artis-artis tersebut akan memberikan hambatan dalam berkarir.

Upaya tersebut telah dilakukan Hwang dengan meminta kepada parlemen untuk segera menyetujui usulan yang telah diberikan tersebut. Karena menurutnya usulan tersebut merupakan alternatif yang paling relevan.

Disisi lain, Kementrian Pertahanan Korea Selatan telah mewanti-wanti agar tidak gegabah dalam memutuskan pengecualian yang telah disebutkan diatas tadi.




BTSwajib militerPengecualian Wamil BTSAlternatif Wamil BTS

Share to: