Wajib Tahu! Sejarah T-Shirt atau Kaos Oblong serta Perkembangannya

Wajib Tahu! Sejarah T-Shirt atau Kaos Oblong serta Perkembangannya

Wajib Tahu! Sejarah T-Shirt atau Kaos Oblong serta Perkembangannya

T-Shirt Exclusive Ghozali Everyday


T-Shirt atau kaos oblong tentunya sudah tidak asing lagi bagi kalian. Namun tahukan kalian apa itu sejarah dari pakaian T-Shirt? Yuk langsung simak penjelasan di bawah ini:

Apa itu T-Shirt?

Kaos oblong atau T-Shirt merupakan jenis pakaian yang menutupi badan, sebagian tangan, bahu sampai sikut, tidak memiliki kancing, saku dan kerah.

Sejarah Kaos Oblong atau T-Shirt

Kaos oblong atau t-shirt muncul sekitar  abad ke 19 sampai awal abad 20. Awalnya dipakai sebagai pakaian dalam tentara Inggris dan Amerika untuk melakukan aktifitas olahraga maupun aktifitas lainnya di ketentaraan.

Nama T-shirt muncul karena bentuknya jika di bentangkan menyerupai huruf “T”, atau pada saat itu pasukan militer sering menggunakannya sebagai “training shirt” sehingga muncullah nama jenis pakaian kaos ini dengan panggilan “T-shirt”. 

Seiring dengan perkembangannya T-Shirt juga dipakai oleh wanita. Bahkan banyak perusahaan yang menciptakan T-Shirt dengan menggunakan brand lokal yaitu GHOZALI EVERYDAY. 

Penemu Istilah T-Shirt

Kaos Oblong sudah ada sejak 1864, penciptanya adalah William Catton. Kemudian tahun 1947 kaos oblong atau T-shirt mulai di populerkan oleh Marlon Brando, ia merupakan seorang aktor kelahiran 3 April 1924 berkebangsaan Amerika Serikat yang meraih penghargaan bergengsi yakni menjadi nominasi aktor terbaik.

Dia awalnya memakai kaos oblong dalam pertunjukan acara teater. Dalam memerankan perannya, pakaian kaos oblong atau T-shirt ternyata sangat sesuai dengan peran yang sedang di perankannya Marlon Brando.

T-Shirt ke Indonesia

 Kaos Oblong atau T-Shirt pertama kali masuk ke Indonesia. Kaos oblong atau T-shirt dibawa oleh orang-orang Belanda, namun pada saat itu hanya kalangan atas saja yang mengenakan kaos oblong atau T-shirt. 

Hal itu karena beberapa faktor salah satunya pemerintah pada masa itu belum maju dan belum ada produsen yang mampu untuk memproduksi kaos oblong, maka hal ini yang menjadikan harga kaos oblong pada masa itu tergolong mahal.

Tahun 1970 kaos oblong mula di pakai oleh masyarakat Indonesia, kaos oblong atau T-shirt pertama kali di produksi oleh Indonesia masih berwarna putih, berbahan tipis halus dan hanya dipakai oleh kalangan pria saja.

Tahun 1980 kaos oblong atau T-shirt mulai di produksi oleh perusahaan konveksi Indonesia, pada masa itu mulailah muncul merek-merk terkenal. Salah satunya adalah brand GHOZALI EVERYDAY. 

Brand lokal GHOZALI EVERYDAY memproduksi kaos atau T-Shirt berwarna putih dan hitam dengan desain-desain yang unik. 

Selain desainnya yang unik, harga kaos GHOZALI EVERYDAY juga sangat terjangkau.




GhozalieverydayT-ShirtTshirtlokalBrandlokalTshirt kerenGhozali ghozaluSejarah kaosKaos oblong

Share to:



Data Not Found