Fakta-fakta Silmy Karim Ditunjuk Sebagai Dirjen Imigrasi, Kalahkan Dua Calon dari Kemenkumham dan TNI

Fakta-fakta Silmy Karim Ditunjuk Sebagai Dirjen Imigrasi, Kalahkan Dua Calon dari Kemenkumham dan TNI

Fakta-fakta Silmy Karim Ditunjuk Sebagai Dirjen Imigrasi, Kalahkan Dua Calon dari Kemenkumham dan TNI

Fakta-fakta Silmy Karim Ditunjuk Sebagai Dirjen Imigrasi (Foto: Instagram @silmykarim)


Inilah fakta-fakta Silmy Karim yang ditunjuk sebagai Dirjen Imigrasi, yang mana ia berhasil kalahkan dua calon dari Kemenkumham dan TNI.

Silmy Karim resmi ditunjuk untuk menjadi Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi yang baru. Silmy Karim akan resmi menjabat sebagai Dirjen Imigrasi setelah dilantik pada Januari 2023 mendatang.

Untuk menjadi Dirjen Imigrasi, Silmy Karim berhasil mengalahkan dua calon lainnya yang dari Kemenkumham dan TNI.

Baca Juga: Silmy Karim Resmi Ditunjuk Sebagai Dirjen Imigrasi, Dilantik Januari 2023 Gaes

Profil Silmy Karim

Silmy Karim merupakan Direktur Utama PT. Krakatau Steel (Persero) Tbk sejak diangkat melalui RUPSLB pada tanggal 6 September 2018.

Awalnya ia dikenal sebagai seorang profesional muda yang berkecimpung dalam bidang pertahanan dan industri pertahanan. Setelah berhasil menangani beberapa BUMN yang sedang bermasalah, kemudian ia dijuluki sebagai Direktur Utama spesialis BUMN sakit.

Silmy Karim sendiri lahir di Tegal, Jawa Tengah, 19 November 1974. Umur Silmy Karim adalah 48 tahun dan menganut agama Islam.

Ditunjuk Jadi Dirjen Imigrasi

Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) telah resmi menunjuk Silmy Karim menjadi Dirjen Imigrasi Kemenkumham yang terbaru.

Silmy ditunjuk sebagai Dirjen berdasarkan Keputusan Presiden No.165/TPA Tahun 2022 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM.

Silmy akan mulai menjabat usai dirinya dilantik dan melakukan sumpah jabatan pada Januari 2023 mendatang.

Kalahkan Dua Calon Lainnya

Silmy Karim berhasil mengalahkan dua calon lainnya yang juga berpotensi menjadi Dirjen Imigrasi. Kedua nama tersebut adalah Lucky Agung Binarto seorang Staf Ahli Menkumham bidang Ekonomi.

Serta Julexi Tambayong seorang Marsekal Muda (Purn), seorang Purnawirawan TNI-AU yang terakhir menjabat Kabalitbang Kemhan.

Sebelumnya, Silmy terpilih setelah mengikuti rangkaian seleksi mulai dari proses administrasi dan rekam jejak, seleksi kompetensi bidang melalui penulisan makalah, seleksi kompetensi manajerial dan sosial kultural melalui asesmen oleh Badan Kepegawaian Negara, hingga wawancara oleh Tim Pansel.

Pansel terdiri dari internal Kemenkumham sendiri, Kementerian PAN-RB, dan Lembaga Administrasi Negara. Berdasarkan hasil penilaian panitia seleksi, Silmy menjadi satu dari tiga peserta yang direkomendasikan Pansel ke Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly.

Yasonna kemudian mengajukan nama-nama tersebut ke Tim Penilai Akhir (TPA) Pimpinan Tinggi Utama dan Madya sebagaimana ketentuan Peraturan Presiden Nomor 177 Tahun 2014 tentang Tim Penilai Akhir Pengangkatan, Pemindahan dan Pemberhentian dalam dan dari Jabatan Pimpinan Tinggi Utama dan Pimpinan Tinggi Madya.

Nama-nama tersebut adalah Silmy Karim, Lucky Agung Binarto dan Julexi Tambayong. Pada akhirnya Silmy Karim lah yang terpilih untuk menjadi Dirjen Imigrasi berikutnya.

Kekayaan Silmy Karim

Usai ditunjuk menjadi Dirjen Imigrasi yang baru, kekayaan Silmy Karim pun menjadi sorotan. Menurut data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Silmy tercatat mempunyai kekayaan sebesar Rp 208.898.010.645.

Dia tercatat terakhir melaporkan harta kekayaannya pada 31 Desember 2021. Dalam data LHKPN itu disebutkan harta terbesar Silmy berupa 16 bidang tanah dan bangunan di Jakarta Selatan dan Tangerang Selatan senilai Rp 145.011.038.000.

Selain itu Silmy juga tercatat mempunyai 4 mobil dan 2 sepeda motor Harley Davidson dengan nilai Rp 2.975.000.000. Mobil milik Silmy yang tercatat dalam LHKPN adalah Jeep CJ7 (1988), Mercedes Benz 280E (1979), Toyota Land Cruiser (1981), Jeep Wrangler (1996), dan Land Rover Range Rover (1996).

Silmy juga tercatat mempunyai harta bergerak sebesar Rp 7.200.000.000, dan surat berharga senilai Rp 9.502.667.700. Selain itu, Silmy juga tercatat mempunyai kas dan setara kas sebesar Rp 53.213.854.196, serta utang sebanyak Rp 9.004.549.251.

Baca Juga: Biodata dan Profil Silmy Karim: Umur, Agama dan Karier, Sosok Dirjen Imigrasi yang Baru

Nah, itulah fakta-fakta Silmy Karim yang ditunjuk sebagai Dirjen Imigrasi, yang mana ia berhasil kalahkan dua calon dari Kemenkumham dan TNI.




Dirjen ImigrasiDirjen Imigrasi KemenkumhamSilmy KarimSilmy Karim Dirjen ImigrasiProfil Silmy KarimFakta Silmy KarimKekayaan Silmy Karim

Share to: