Berulang Tahun Hari Ini, Berikut Profil dan Rekam Jejak Raka Jana Seniman Bali yang Berprestasi

Berulang Tahun Hari Ini, Berikut Profil dan Rekam Jejak Raka Jana Seniman Bali yang Berprestasi

Berulang Tahun Hari Ini, Berikut Profil dan Rekam Jejak Raka Jana Seniman Bali yang Berprestasi

Raka Jana (Foto: Istimewa)


Dewa Gede Raka Jana Nuraga atau yang dikenal Raka Jana merayakan ulang tahunnya pada 6 Maret 2023.

Raka Jana sendiri adalah seorang seniman muda asal Bali. Selain itu, Raka Jana juga memiliki beberapa prestasi yang sudah ia ukir selama berkarier menjadi seorang seniman.

Seperti apa sosoknya? Inilah profil dan rekam jejak Raka Jana, seniman Bali yang berprestasi.

Baca Juga: Hadir di Pameran Meta Art: Merayakan Seni Digital, Rakajana Ungkap Keistimewaan Karyanya Selipkan Unsur Budaya

Profil Raka Jana

Raka Jana lahir di Tampaksiring, Bali pada 6 Maret 1990. Yang berarti, pemilik nama lengkap Dewa Gede Raka Jana Nuraga ini tengah berulang tahun pada hari ini, 6 Maret 2023 dan genap berusia 32 tahun.

Raka Jana dikenal sebagai seorang graphic designer dan ilustrator. Karya-karyanya pun sudah banyak dikenal publik. 

Raka Jana Berharap Bisa Berikan Dampak yang Lebih Besar

Melalui akun Instagramnya, Raka Jana pun mengucapkan rasa syukurnya karena diberikan kesempatan oleh Tuhan untuk merayakan ulang tahun yang ke-32 tahun.

"Bersyukur di umur yang ke 32 ini masih diberikan kesempatan dan kesehatan oleh tuhan untuk berkreasi," tulisnya di Instagram.

Tak lupa Raka Jana berterima kasih kepada kedua orang tuanya, saudara, sahabat hingga timnya di HNS yang selalu mendukung Raka Jana dalam berkarier.

"Terimakasih untuk kedua orang tua saya, saudara, sahabat, tim HNS dan semua orang yang selalu support dan mendoakan saya. Love youuu gaess!!," lanjutnya.

Raka Jana pun berharap diusianya yang ke-32 tahun ini, ia bisa memberikan banyak dampak yang lebih besar ke banyak orang. 

"Yang jelas mimpi saya tidak selesai sampai disini. Semoga kedepan bisa memberikan impact yang lebih besar lagi ke banyak orang. HOPE NEVER SLEEP," pungkas Raka.

Rekam Jejak Raka Jana

Selain menjadi seorang graphic designer dan ilustrator, Raka Jana juga mengembangkan seninya melalui dunia fashion. Ia diketahui terjun ke dunia fashion melalui sebuah brand atau konveksi My Tees Konveksi.

Melalui konveksi tersebut, ia menawarkan berbagai produk seperti tshirt, raglan, jacket dan berbagai produk lainnya dengan design unik khas Bali. 

Raka Jana juga melebarkan sayapnya dengan berkolaborasi dengan klub sepak bola Bali United untuk menghadirkan project NFT Baliverse.

Selain itu, bersama kelompok suporter Bali United pula, Raka Jana turut andil dalam membuat koreo dengan gambar-gambar unik, menarik, gagah, dan juga membuat suporter tamu maupun suporter tuan rumah sendiri berdecak kagum. 

Membuka Kelas Digital Illustration

Rakajana juga telah membuka kelas digital illustrationnya sendiri yang berada di kampung halamannya, Tampaksiring, Bali. Kelas tersebut bernama HNS Academy.

Melalui HNS Academy, Rakajana ingin membantu perekonomian warga di daerahnya dengan membuka lapangan pekerjaan. Tak hanya itu, HNS Academy juga sebagai wadah para warga Bali khususnya Tampaksiring yang memiliki bakat dalam kesenian lukis.

Pameran yang Diikuti

Meskipun sudah terjun di dunia seni sejak lama, Raka Jana ternyata baru mengikuti pameran seni pertamanya di Jakarta pada Februari 2023 lalu. Kala itu, Raka Jana mengikuti pameran seni "Reveals" yang dihadirkan NOAH Project dan Getback Parlour.

Di pameran "Reveals" ini, Raka Jana menghadirkan karya seni lukis yang bertajuk "Deep Sea". Selain itu, Raka Jana juga berkolaborasi dengan seniman asal Bali lainnya, Evekoss untuk menampilkan live painting  "The Beauty of Bali".

Raka Jana juga membuka kelas Master Class Digital Art di pameran tersebut yang dihadiri banyak peserta.

Prestasi 

Raka Jana pernah menorehkan prestasi yang membanggakan, dimana ia berhasil masuk ke dalam headline Harian Kompas.

Di Harian Kompas ini, Raka Jana memperkenalkan budaya Bali melalui NFT, salah satunya melalui karya salah satu karya yang bertajuk "Reconnection."

Rakajana membuat "Reconnection" sebagai gambaran seseorang yang mengenakan kacamata realitas berimbuh AR (augmented reality) yang menampakkan indahnya budaya Indonesia, khususnya Bali.

Bergabung dengan MAJA Labs

Memiliki visi dan misi yang sama, Raka Jana bergabung dengan MAJA Labs sebagai Advisor untuk mengenalkan seni ke dalam teknologi Web 3.0, seperti NFT dan AR.

MAJA Labs sendiri merupakan Web3 enabler di Indonesia yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan ekosistem Web3 di Indonesia.

Bersama MAJA Labs, Raka Jana aktif mengenalkan seni dan teknologi Web3 ke khalayak melalui berbagai kegiatan, seperti salah satunya adalah Bali Digital Fashion Week 2022 pada 10-16 Desember 2022 lalu.

Baca Juga: Biodata dan Profil Rakajana, Seniman Bali Akan Tampilkan Karya Spesial di Pameran Seni REVEALS

Nah, itulah profil dan rekam jejak Raka Jana, seniman Bali berprestasi yang berulang tahun hari ini.




Raka JanaProfil Raka JanaRekam Jejak Raka JanaPrestasi Raka Jana

Share to: