Turnamen Tinggal 2 Bulan Lagi, FIFA Resmi Copot Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20 2023

Turnamen Tinggal 2 Bulan Lagi, FIFA Resmi Copot Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20 2023

Turnamen Tinggal 2 Bulan Lagi, FIFA Resmi Copot Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20 2023

FIFA Resmi Copot Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20 2023 (Foto: Istimewa)


FIFA resmi mencopot status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023 yang sejatinya digelar pada 20 Mei 2023 atau kurang lebih dua bulan lagi.

Hal itu diputuskan usai pertemuan Presiden FIFA, Gianni Infantino, dan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, di Doha, Qatar, Rabu (29/3) malam WIB.

Baca Juga: Erick Thohir Akan Bertemu FIFA di Qatar, Berharap Ada Solusi Terbaik untuk Piala Dunia U20

FIFA Copot Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20 2023

Pada Rabu (29/3) malam setelah pertemuan Presiden FIFA dan Ketum PSSI, FIFA merilis pernyataan resmi mereka yang menyatakan bahwa Indonesia batal untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023.

“FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk menghapus Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U-20 World Cup 2023™. Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal turnamen saat ini tetap tidak berubah,” bunyi pernyataan resmi FIFA.

Sebelumnya, FIFA menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah sejak 2019 lalu. Sejatinya Piala Dunia U20 di Indonesia tersebut akan digelar di tahun 2021. Namun, karena Covid-19 yang menyerang di seluruh dunia, FIFA pun mengundurkan event tersebut ke tahun 2023.

Timnas U20 Indonesia Batal Tampil di Piala Dunia U20

Dengan pencopotan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20, membuat Timnas U20 Indonesia juga dipastikan batal tampil di ajang tersebut. Hal ini karena Indonesia lolos dengan status tuan rumah, bukan kualifikasi.

Timnas U20 Indonesia sendiri sudah jauh-jauh hari mempersiapkan diri mereka untuk tampil di kompetisi sepak bola antar negara kategori U20 ini.

Melalui akun Instagram PSSI, terlihat wajah pemain Timnas U20 yang sedih dan kecewa karena impian mereka untuk tampil di Piala Dunia harus kandas di tengah jalan.

Indonesia Akan Terima Sanksi FIFA Lagi

Tak hanya batal menggelar event Piala Dunia U20, Indonesia juga kembali dibayang-bayangi sanksi oleh FIFA karena dianggap tidak siap menggelar Piala Dunia U20.

Dari surat pernyataan, FIFA menyebutkan akan ada potensi sanksi terhadap PSSI, yang mana sanksi tersebut akan diputuskan di tahap yang selanjutnya.

Baca Juga: Erick Thohir Peluk Pemain Timnas Sebelum ke Swiss, Pemain Timnas U-20: Kami Percaya Bapak Bisa!

“Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya,” tulis FIFA dipernyataannya.




Piala Dunia U20 Indonesia batalIndonesia batal tuan rumah Piala DuniaFIFATuan rumah Piala Dunia U20 2023

Share to: