Cak Imin Apresiasi Ajaran Pesantren di Indonesia: Bangun jiwa dulu baru badan

Cak Imin Apresiasi Ajaran Pesantren di Indonesia: Bangun jiwa dulu baru badan

Cak Imin Apresiasi Ajaran Pesantren di Indonesia: Bangun jiwa dulu baru badan

Cak Imin Apresiasi Ajaran Pesantren di Indonesia (Foto: YouTube Deddy Corbuzier)


Bakal calon wakil presiden (bacawapres) Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin mengapresiasi ajaran pesantren di Indonesia.

Bacawapres dari Anies Baswedan ini mengingatkan kalau dalam lagu Indonesia Raya, kita diajarkan untuk membangun jiwa terlebih dahulu, baru badannya.

"Kita ini sebetulnya oleh pendiri bangsa sudah diajari bangunlah jiwanya, bangunlah badannya, bangunlah badannya itu lagu Indonesia raya, jiwa dulu baru badan," ungkap Cak Imin di kutip dari kanal YouTube Deddy Corbuzier.

Baca Juga: Anies Baswedan Janjikan KPR untuk SEMUA: Tadinya Kapan Punya Rumah jadi Keluarga Punya Rumah

Namun, pada kenyataanya, orang Indonesia selalu memikirkan badan terlebih dahulu, baru jiwa. Sebagai alumni pesantren, Cak Imin mengatakan para santri diajarkan untuk membangun jiwa terlebih dahulu, baru kemudian badannya.

"Kita ini sukanya badan dulu baru jiwa. Kalau dikehidupan saya di santri itu fasilitas nggak penting yang penting jiwanya, bahagia semangat," sambung Cak Imin.

Cak Imin juga mengapresiasi pesantren di Indonesia yang mengedepankan pembangunan jiwa dipara santrinya, dibanding dibangun badannya. Sesuai dengan apa yang tertulis di lagu Indonesia Raya.

Baca Juga: Survei Baru November 2023: Prabowo-Gibran Pertama, Kedua Ganjar-Mahfud, Ketiga Anies-Imin

"Salah satu pendidikan yang berjalan di masyarakat itu pesantren, pesantren itu dengan fasilitas apa adanya tapi bisa dinikmati yang penting dibangun jiwanya, makanan kurang, gizi nggak ada, tapi bahagia," ujar Cak Imin.




Cak IminMuhaimin Iskandar

Share to: