Wow! Coldplay Hibahkan Kapal Penyedot Sampah Rp12M ke Pemkab Tangerang!

Wow! Coldplay Hibahkan Kapal Penyedot Sampah Rp12M ke Pemkab Tangerang!

Wow! Coldplay Hibahkan Kapal Penyedot Sampah Rp12M ke Pemkab Tangerang!

Foto: Getty images


Pemkab Tangerang, Provinsi Banten akan menerima bantuan atau hibah satu unit kapal jenis interceptor sebagai penyedot sampah senilai Rp12 miliar dari grup band Coldplay melalui organisasi nirlaba bernama The Ocean Cleanup.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang Fachrul Rozi mengatakan bahwa pemberian unit kapal yang bernama Neon Moon II tersebut untuk membantu mengatasi masalah sampah di titik muara Sungai Cisadane, Tangerang.

"Sekarang masih proses, dan memang ini (kapal penyedot sampah) bantuan dari donatur Band Coldplay melalui organisasi nirlaba TOC. Sekarang untuk kapal itu masih berada di Bahari, Tanjung Priok, Jakarta untuk menunggu ke dokumennya yang masih di proses penyelesaian," kata Fachrul kepada ANTARA di Tangerang, Senin.

Menurut dia salah satu alasan daerah Kabupaten Tangerang dipilih sebagai penerima hibah kapal sampah dari band asal Inggris itu karena menjadi wilayah strategis dalam mengurangi sampah khususnya sampah jenis plastik yang masuk ke laut.

Ia mengatakan kapal jenis interceptor dari generasi ke tiga yang dibekali dengan teknologi paling terbaru ini dapat berkontribusi menanggulangi sekitar 1.000 ton sampah plastik yang dibuang ke laut setiap tahunnya.Dia menambahkan, kapal ini nantinya bakal diserahkan secara resmi ke Pemkab Tangerang pada tanggal 25 November 2023 mendatang dengan titik lokasi penempatan di wilayah Tanjung Burung, Teluknaga.

"Rencana nanti tanggal 25 November ini akan dikirim dari Jakarta ke Tanjung Burung, Teluknaga untuk diserahkan kepada kami. Kemudian, launcing-nya bakal kita lakukan pada tahun depan di bulan Januari 2024," ungkapnya.

Ia berharap, dengan adanya kapal penyedot sampah ini dapat membantu mengurangi permasalahan sampah di laut terutama di pesisir utara Tangerang yang kini menjadi muaranya Sungai Cisadane.

"Tentu kami berharap ini bisa mengurangi sampah-sampah plastik yang ada di daerah pantura yang memang sekarang volumenya cukup banyak," kata dia.




coldplaycoldplayjakartacoldplaysingaporeberitaterbarucoldplaybangkokchrismartis

Share to: