Tanggapi Anies Soal Etik Pemimpin dan Pertahanan, Prabowo Subianto: Jangan Lain di Mulut, Lain di Hati

Tanggapi Anies Soal Etik Pemimpin dan Pertahanan, Prabowo Subianto: Jangan Lain di Mulut, Lain di Hati

Tanggapi Anies Soal Etik Pemimpin dan Pertahanan, Prabowo Subianto: Jangan Lain di Mulut, Lain di Hati

Prabowo Subianto di debat calon presiden di Istora Senayan, Minggu (7/1/2024) (foto: Youtube KPU)


Dalam debat ketiga capres, Anies Baswedan memberikan pernyataan pada Prabowo Subianto mengenai hubungan antara standar etika seorang pemimpin negara dengan kemampuannya menjaga pertahanan keamanan serta kedaulatan negara.

Merespon pertanyaan dari tersebut, Prabowo membenarkan jika memang seorang pemimpin harus memililiki nilai fundamental seperti cinta tanah air, kejujuran, hingga kebersihan dari korupsi.

“Saya sependapat bahwa semakin tinggi kepemimpinan itu butuh nilai-nilai yang sangat fundamental. Pertama cinta tanah air, kedua kejujuran, ketiga kebersihan yang Bapak bolak balik ngomong,” kata Prabowo Subianto menanggapi Anies.

Selain itu, Prabowo juga menekankan memimpin memang harus beretik. Namun Etik yang benar sesuai dengan kata hati.

“Jadi benar kita harus beretik, beretik dengan benar. Jujur apa yang kita katakan itu yang ada di hati kita. Jangan lain di mulut, lain di hati dan harus cinta tanah air,” tutur capres nomor urut 2 tersebut.

(foto: Youtube KPU)

Menurut Prabowo tingkatan tertinggi etika seorang pemimpin adalah ketika ia menjadi seorang yang bersih jiwanya, jujur, dan setia pada rakyat. Sebab itu, Prabowo tak ingin ada pemimpin menggiring opini yang justru membahayakan keselamatan rakyart.

“Pertahanan ini sakral bagi kita ini menyangkut keselamatan kita, jangan karena ambisi pribadi kita mengasut dan menyesatkan rakyat. Itu etik yang tertinggi, Saudara profesor Anies Baswedan,” ujar Prabowo.

“Itu etik yang tertinggi, kebersihan jiwa, kejujuran, kesetiaan pada rakyat. Sekali lagi jangan karena ambisi pribadi kita menyesatkan rakyat, kita menghasut rakyat, kita membahayakan keamanan rakyat,” pungkasnya.




Pemilu 2024Pilpres 2024Politik 2024Prabowo SubiantoDebat Capres

Share to: