Dukung CEO ADOR Min Hee-jin, NewJeans Ajukan Petisi

Dukung CEO ADOR Min Hee-jin, NewJeans Ajukan Petisi

Dukung CEO ADOR Min Hee-jin, NewJeans Ajukan Petisi

NewJeans Ajukan Petisi Dukung Min Hee-jin (Foto: Istimewa)


NewJeans mengambil sikap terkait permasalahan yang menyeret pimpinan label mereka, Min Hee-jin.

Kelima member masing-masing mengajukan petisi ke pengadilan untuk mencegah pemecatan Min Hee-jin sebagai CEO ADOR.

Baca Juga: Cedera Saat Latihan, Hyein NewJeans Umumkan Hiatus

Danielle, Minji, Hanni, Haerin dan Hyein mengajukan petisi pada Jumat (17/5) saat sidang pertama terkait gugatan Min Hee-jin atas HYBE, perusahaan induk ADOR, yang berniat memecatnya digelar.

Kantor berita Yonhap pada Sabtu (18/5) memberitakan rincian petisi tidak dipublikasikan. Namun, para member selama ini diketahui memiliki hubungan dekat dengan Min Hee-jin. Para orang tua juga memihak kepadanya dalam kasus dengan HYBE.

Petisi tersebut menjadi kali pertama member NewJeans menyuarakan sikapnya atas konflik Min Hee-jin dan HYBE.

Dalam sidang yang sama, Kim & Chang selaku perwakilan HYBE menuding Min Hee-jin telah gaslighting member NewJeans dan hanya tertarik pada uang yang dihasilkan girl group tersebut meski menyebut dirinya sendiri sebagai "ibu NewJeans."

"Dia mengatakan kepada kenalannya bahwa sulit untuk memperlakukan NewJeans sebagai artis dan mengurus grup tersebut merupakan pengalaman yang mengerikan," kata perwakilan hukum seperti diberitakan Korea Times. 

"Dia ingin para anggotanya secara mental tunduk padanya, menginstruksikan mereka untuk memainkan peran pasif saja... Dia menggunakan NewJeans sebagai perisai untuk melindungi dirinya sendiri."

Ia juga menegaskan kembali klaim sebelumnya Min Hee-jin mengambil nasihat manajerial dari seorang dukun mengenai masalah penting perusahaan, membocorkan informasi bisnis rahasia HYBE.

HYBE juga menuduh Min menghubungi raksasa teknologi Naver dan perusahaan fintech/blockchain Dunamu untuk mengusulkan akuisisi Ador. Dunamu memegang 5,6 persen saham di HYBE.

"Dia punya banyak alasan untuk didiskualifikasi sebagai CEO," kata Kim & Chang.

Persidangan itu digelar atas gugatan Min Hee-jin supaya HYBE yang memegang 80 persen saham ADOR tidak menggunakan hak suaranya dalam rapat pemegang saham akhir bulan ini. Rapat itu untuk membahas pergantian Min Hee-jin dari ADOR.

Agenda lain rapat pemegang saham itu juga bakal berdampak pada anggota dewan ADOR lainnya, sekaligus untuk mengangkat pimpinan baru dari HYBE.

Min Hee-jin mengklaim langkah HYBE memecatnya merupakan pelanggaran kontrak pemegang saham antara kedua belah pihak. Langkah itu dilakukan setelah HYBE mengajukan pengaduan terhadap dirinya atas tuduhan pelanggaran kepercayaan.

HYBE pada 25 April secara terbuka menuding Min Hee-jin bersekongkol dengan para staf untuk mengambil alih kendali perusahaannya, memisahkan diri dari HYBE dan membawa NewJeans bersamanya.

Min Hee-jin membantah tuduhan tersebut dan mengklaim audit yang baru-baru ini dilakukan terhadapnya merupakan hasil dari pelaporan pelanggaran (whistleblowing) internalnya.

Baca Juga: Daftar Pemenang iHeartRadio Music Awards 2024, Ada Taylor Swift hingga NewJeans

Terkait kasus ini, pengadilan akan memutuskan akan mengabulkan perintah tersebut atau tidak sebelum rapat pemegang saham berlangsung pada 31 Mei. Belum ada informasi detail waktu pengumuman putusan.




NewJeansMin Hee-jinADORHYBE

Share to: