Biodata dan Profil Thom Haye: Umur, Karier dan Garis Keturunan, Pemain Timnas Indonesia yang Dijuluki 'The Professor'

Biodata dan Profil Thom Haye: Umur, Karier dan Garis Keturunan, Pemain Timnas Indonesia yang Dijuluki 'The Professor'

Biodata dan Profil Thom Haye: Umur, Karier dan Garis Keturunan, Pemain Timnas Indonesia yang Dijuluki 'The Professor'

Biodata dan Profil Thom Haye (Foto: Instagram @thomhaye)


Yuk simak biodata dan juga profil Thom Haye lengkap umur, karier dan garis keturunannya, pemain Timnas Indonesia yang dijuluki 'The Professor'.

Thom Haye adalah sosok pemain sepak bola Timnas Indonesia yang baru saja menjadi pahlawan kemenangan Indonesia melawan Filipina, yang juga memastikan Indonesia lolos ke third round kualifikasi Piala Dunia 2026.

Baca Juga: Biodata dan Profil Calvin Verdonk: Umur, Karier dan Garis Keturunan, Pemain Naturalisasi Baru Timnas Indonesia

Di pertandingan tersebut, pemain yang dijuluki 'The Professor' ini berhasil mencetak satu gol dari luar kotak penalti.

Lalu, dari mana garis keturunan Thom Haye? Serta kenapa dirinya disebut 'The Professor'? Daripada penasaran, yuk simak penjelasannya di bawah sini.

1. Profil Thom Haye

Thom Haye merupakan pemain sepak bola yang lahir di Amsterdam, Belanda, 9 Februari 1995, yang berarti kini ia berusia 29 tahun. Sementara untuk agama yang dianut Thom Haye adalah agama Kristen.

2. Karier Thom Haye

Awal karier Thom Haye adalah ketika ia masuk akademi sepak bola AFC Amsterdam, kemudian ia masuk akademi AZ Alkmaar pada tahun 2006-2012. Pada tahun 2012, Haye pun dipromosikan ke tim utama AZ Alkmaar.

Dirinya berada di klub tersebut hingga tahun 2016 dan berhasil mencatatkan 56 kali pertandingan dengan 1 gol. Kemudian Haye kerap berpindah-pindah klub, Willem II, Lecce, ADO Den Haag, NAC Breda dan yang terakhir Heerenveen.

Sayangnya, per Mei 2024 kemarin, kontrak Haye bersama Heerenveen telah berakhir. Dan kini ia berstatus sebagai free agent.

Untuk karier internasional, Thom Haye pernah membela timnas junior Belanda mulai dari U-15 sampai U-21.

3. Garis Keturunan Thom Haye

Garis keturuna Thom Haye berasal dari kakek dari pihak ibu yang lahir di kota Surakarta di Jawa Tengah dan nenek dari pihak ibu yang lahir di Sulawesi Utara. 

Pada 18 Maret 2024, Haye resmi memperoleh kewarganegaraan Indonesia setelah mengucapkan sumpah WNI.

4. Alasan Dijuluki 'The Professor'

Thom Haye pernah membeberkan alasan mengapa ia dijuluki 'The Professor'. Ia mengaku juga tidak mengetahui persisnya, tapi hal itu terjadi ketika dirinya masih bermain untuk NAC Breda dan para suporter pun mulai menjulukinya sebagai 'The Professor'

"Saya juga tidak tahu kenapa. Tapi itu terjadi ketika saya bermain untuk NAC Breda lalu suporter memanggil saya The Professor," ucap Thom Haye dalam wawancara di TikTok Erspo.

"Mereka sangat bersemangat tentang itu dan sekarang saya pikir semua orang sudah tahu. Saya membaca dimana-mana," sambungnya.

Thom Haye pun senang dengan dukungan yang ditunjukkan para suporter dan mendapatkan julukan tersebut. 

Dan saat membela Timnas Indonesia, para suporter memberikan julukan 'Professor Haye' kepada Thom Haye.

5. Biodata Thom Haye

Nama lengkap:Thom Jan Marinus Haye
Nama panggung:Thom Haye
Kota asal:Amsterdam, Belanda
Tanggal lahir:9 Februari 1995
Umur:29 tahun
Agama:Kristen
Keturunan:Belanda-Indonesia
Tinggi badan:187 cm
Profesi:Pemain sepak bola
Akun Instagram:

@thomhaye

Baca Juga: Biodata dan Profil Justin Hubner: Umur, Agama dan Karier, Pemain Sepak Bola Resmi Naturalisasi Jadi WNI

Nah, itulah biodata dan juga profil Thom Haye lengkap umur, karier dan garis keturunannya, pemain Timnas Indonesia yang dijuluki 'The Professor'.




Thom HayeProfil Thom HayeBiodata Thom HayeUmur Thom HayeAgama Thom HayeKarier Thom HayeGaris keturunan Thom HayeProfessor Haye

Share to:



Modal Video 01