Jahe Merah Bisa Mencegah Virus Corona? Simak Penjelasannya!

Jahe Merah Bisa Mencegah Virus Corona? Simak Penjelasannya!

Jahe Merah Bisa Mencegah Virus Corona? Simak Penjelasannya!

Foto:Pixabay


Setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan dua WNI di Depok terpapar Virus Corona, masyarakat mulai heboh dan panik.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto meminta agar masyarakat selalu meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. Bahkan ia juga mengungkapkan agar masyarakat jangan panik.

Menurut Menkes virus akan mudah masuk ke dalam tubuh jika kondisi badan kurang baik dan imunitas rendah. 

Nah, untuk menjaga pola hidup sehat tidak hanya mengonsumsi makanan bergizi dan menjaga imunitas. Kalian juga dapat mengonsumsi minuman yang bisa menjaga kebugaran tubuh dan stamina tubuh seperti Jahe merah. 

Sebuah penelitian yang dilakukan Dugasani di 2010 menyebutkan, kandungan gingerol dan shogaol pada jahe merah terbukti memiliki efek positif, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus menjaga agar badan tidak mudah terinfeksi penyakit yang berasal dari bakteri dan virus.

Jahe merah memiliki khasiat anti-inflamatory, anti diabetes dan hipolipidemik, anti oksidan, anti emetic effects dan menjadi stimulan sistem imun pada tubuh.

Kalian dapat mendapatkan jahe merah ini di pasar tradisional. Cara memanfaatkannya dengan merebus air panas, kemudian geprek jahe merah, lalu cemplungkan ke gelas berisi air panas, tambahkan madu dan aduk. Jahe merah yang nikmat sudah siap diminum.

Seperti diketahui bahwa Jahe merah merupakan tanaman asli yang ditanam oleh petani Indonesia, dan juga sudah digunakan turun temurun untuk berbagai penyakit.

Tidak hanya itu, untuk mencegah virus corona kalian juga bisa terapkan dan disarankan oleh Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) yaitu dengan rajin mencuci tangan dengan air dan sabun serta hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut saat tangan kotor.

Mencuci tangan penting dilakukan untuk mencegah penularan atau perpindahan virus melalui kontak tangan yang menyentuh bidang permukaan sudah terkontaminasi oleh virus dan lalu secara tidak sengaja tangan kita kemudian memegang wajah.

Jika hal demikian yang terjadi virus corona berpotensi menyebar dari tangan ke hidung atau mulut.

Disarankan juga menghindari kontak langsung dengan binatang liar dan ternak serta membiasakan memakai masker saat aktivitas di luar rumah dan di keramaian.




virus coronapencegahan virus coronajahe merah

Share to: