6 Panduan Mencegah Virus Corona Dari WHO, No 3 Paling Penting!

6 Panduan Mencegah Virus Corona Dari WHO, No 3 Paling Penting!

6 Panduan Mencegah Virus Corona Dari WHO, No 3 Paling Penting!

Foto :Pixabay


Seperti diketahui bahwa baru-baru ini, pemerintah Indonesia mengonfirmasi 96 WNI positif terjangkit Virus Corona atau Covid-19.

Banyak negara di dunia mengonfirmasi warganya terinfeksi Covid-19 dengan gejala ringan. Namun virus ini bisa lebih mengerikan kepada orang lain.

Maka dari itu sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah mengetahui informasi terbaru tentang pandemi Covid-19 yang tersedia di situs WHO dan melalui otoritas kesehatan publik.

Panduan WHO 

Berikut adalah saran WHO untuk kita semua agar dapat menghindari diri dari infeksi virus SARS-CoV-2. Jaga kesehatan Anda dan lindungi orang lain dengan melakukan beberapa hal ini:

1. Cuci tangan sesering mungkin 

Untuk menghindari pencegahan virus corona, kamu wajib cuci tangan secara teratur dan menyeluruh dengan sabun dan air atau cairan berbasis alkohol. 

2. Jaga jarak 

Jaga jarak setidaknya 1 meter antara Anda dengan siapa saja yang batuk atau bersin. 

Kenapa? Ketika seseorang bersin atau batuk, mereka menyemprotkan tetesan cairan kecil yang mungkin mengandung virus dari hidung atau mulut. 

3. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut Tangan menyentuh banyak permukaan, dan di sana kemungkinan juga ada virus

Jika terkontaminasi, tangan dapat memindahkan virus ke mata, hidung, atau mulut. 

Dari sana, virus masuk ke tubuh dan bisa membuat sakit.

4. Lakukan kebersihan pernapasan 

Kebersihan pernapasan berarti menutupi mulut dan hidung dengan siku tertekuk atau tisu saat Anda batuk atau bersin. Jika menggunakan tisu, segera buang tisu bekas itu. 

Hal ini harus dilakukan karena tetesan cairan yang keluar dari mulut dan hidung saat batuk atau bersin dapat menyebarkan virus ke orang lain. 

Dengan mengikuti kebersihan pernafasan yang baik Anda melindungi orang-orang di sekitar ari virus seperti flu dan COVID-19.

5. Jika mengalami demam, batuk, dan kesulitan bernapas, cari perawatan medis sejak dini 

Jika Anda merasa tidak sehat, tetaplah di rumah. 

Jika Anda mengalami demam, batuk, atau sulit bernapas, segera cari bantuan medis. Jangan lupa ikuti arahan otoritas kesehatan setempat. 

Untuk diketahui, otoritas nasional dan lokal selalu memiliki informasi terbaru tentang situasi di daerah Anda. 

Menelepon terlebih dahulu akan memungkinkan penyedia layanan kesehatan Anda dengan cepat mengarahkan Anda ke fasilitas kesehatan yang tepat.

Ini juga akan melindungi Anda dan membantu mencegah penyebaran virus dan infeksi lainnya.

6. Update informasi dan ikuti saran tenaga medis 

Selalu update informasi terkini terkait perkembangan Covid-19. Selain itu, ikuti saran yang diberikan oleh penyedia layanan kesehatan, Kemenkes, dan kesehatan lokal untuk melindungi diri sendiri dan orang lain.




virus coronacovid-19saran WHOWHO

Share to: