Ultah ke-8, Ini Duka Cita EXO sejak Debut sampai Sekarang

Ultah ke-8, Ini Duka Cita EXO sejak Debut sampai Sekarang

Ultah ke-8, Ini Duka Cita EXO sejak Debut sampai Sekarang

EXO (Foto: dok. Instagram)


EXO dan penggemar mereka, EXO-L menunjukkan cinta mereka pada peringatan hari jadi grup pada hari ini!

EXO memulai debutnya pada 8 April 2012, artinya grup tersebut sekarang berusia delapan tahun. 

Setelah tengah malam waktu Korea Selatan (KST) pada hari jadi mereka, penggemar mengirim tagar # 우리 의 _ 청춘 _ 시대 는 _ 엑소 라고 _ 부른다 ("Our youth is called EXO") ke atas tren Twitter di seluruh dunia.

Menginjak usia 8 tahun, yuk kembali ingat perjalanan karir EXO sejak debut hingga jadi salah satu grup tersukses berikut ini:

1. Debut dengan 12 anggota

(Foto: Pinterest)

엑소 atau yang sering ditulis sebagai EXO adalah sebuah boy band Korea Selatan-Tiongkok berbasis di Seoul yang awalnya debut dengan 12 anggota. Mereka adalah Suho, Baekhyun, Chanyeol, D.O., Kai, Sehun, Xiumin, Lay, Luhan, Keis, Tao dan Chen

Grup ini dibentuk oleh SM Entertainment pada tahun 2011 dan debut pada tahun 2012. Musik mereka memasukkan aliran seperti pop, hip-hop, dan R&B, dan juga aliran electronic dance music seperti house, trap, dan synth-pop.

2. Kehilangan 3 Anggota

Grup yang debut dengan 12 anggota ini dibagi menjadi dua sub-grup: EXO-K (Suho, Baekhyun, Chanyeol, D.O., Kai, and Sehun) dan EXO-M (Xiumin, Lay, Chen, dan para mantan anggota seperti Kris, Luhan, dan Tao[fn 1]). EXO-K dan EXO-M membawakan musik dalam Bahasa Korea dan Mandarin, masing-masing, sampai tahun 2014.

Namun tiga anggota yang berasal dari Tingkok yakni Luhan, Tao dan Kris meninggalkan grup sejak tahun 2014 dan 2015. Para eks member kini sukses dengan karir solo mereka masing-masing setelah kembali ke negaranya.

3. Album pertama yang sukses

Album pertama EXO XOXO (2013), yang menghasilkan hit terobosan "Growl", mendapat sukses kritis dan komersil. Lagu ini terjual lebih dari satu juta eksemplar, bahkan hal ini membuat EXO menjadi artis Korea terlaris dalam 12 tahun.

Album-album dan EP berikutnya juga mendapat penjualan tinggi, dengan semua album studio masing-masing terjual lebih dari satu juta eksemplar.

4. Kegiatan Solo 

EXO tunjukan kekuatannya dengan kesuskesan setiap member dalam kegiatannya. Tak hanya sukses dalam mengeluarkan single dan album, para anggota juga mempunyai karier solo dalam bidang seperti musik, film, dan televisi.

Yang teraru, Suho EXO baru saja mengeluarkan debut album solonya yang sukses di tangga lagu Korea maupun dunia.

5. Penghargaan bergengsi di awal debut

Mengikuti rilis tahun 2013 mereka, Exo memenangkan Song of the Year di Melon Music Awards untuk "Growl," Disc Daesang di Golden Disc Awards, dan Album of the Year di Mnet Asian Music Awards untuk XOXO, dan Daesang di Seoul Music Awards.

Sebagai tambahan, Exo-M menerima Most Popular Group Award di Top Chinese Music Awards 2013. Pernah berada di nomor dua di Billboard World Albums Chart dan di nomor 129 di Billboard 200, membuat Exo menjadi grup Korea pria yang menempati posisi tertinggi di tangga album ini pada saat itu.




EXO 8 tahunPerjalanan karir EXOEXO eks memberEXO

Share to: