Sejarah Hari Bumi Sedunia, Terinspirasi dari Aksi Demo Perang Vietnam Lho

Sejarah Hari Bumi Sedunia, Terinspirasi dari Aksi Demo Perang Vietnam Lho

Foto

Hari Bumi Sedunia


Setiap tanggal 22 April, warga dunia khususnya para pecinta lingkungan merayakan Hari Bumi Sedunia lho. Perayaan ini adalah salah satu bentuk kepedulian masyarakat dunia terhadap kondisi Bumi dari kerusakan.

Namun darimana sih awalnya sejarah Hari Bumi tersebut?

perayaan Hari Bumi bermula di akhir 60-an dan dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson yang juga seorang pengajar lingkungan hidup. Kebetulan saat tanggal itu dipilih karena bertepatan pada musim semi di belahan Bumi utara dan musim gugur di belahan Bumi selatan.

Foto: Istimewa

Pencanangan Hari Bumi sendiri terinspirasi oleh banyaknya protes dan demonstrasi dari pelajar di Amerika Sertikat terkait kecamuk perang di Vietnam.

Tak hanya itu saja lho guys, peringatan Hari Bumi ini juga dipicu dengan berbagai peristiwa lingkungan hidup yang terjadi di Amerika Serikat. Salah satunya dengan kasus tumpahan minyak di Santa Barbara, California pada 1969. 

Tepat satu tahun setelah kasus tumpahan minyak tersebut, pada 28 Januari 1970, sebuah Deklarasi Hak Lingkungan Hidup (Declaration of Environmental Rights) dibacakan. 

Deklarasi tersebut ditulis oleh Rod Nash dalam perjalanan menggunakan perahu layar sepanjang kanal Santa Barbara yang tulisannya terinspirasi dari Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat yang ditulis oleh Thomas Jefferson.

Foto: Istimewa

Setelah ditetapkan melalui konferensi lingkungan hidup, Hari Bumi pertama kali digelar 22 April 1970 yang diikuti oleh berbagai kalangan komunitas, termasuk pelajar SD dan SMP di Amerika lho gaes.

Menurut penulis jurnal EPA, Jack Lewis dalam 'The Birth of EPA' (1985), perayaan itu berhasil membuat warga Amerika turun ke jalan.  

Untuk diketahui ya guys, saat ini Hari Bumi diperingati di lebih dari 175 negara dan dikoordinasi secara global oleh Jaringan Hari Bumi.




Hari Bumi SeduniaSejarah Hari Bumi Sedunia

Share to: