10 Menu Sahur Ala Anak Kos yang Praktis

10 Menu Sahur Ala Anak Kos yang Praktis

Foto

10 Menu Sahur Ala Anak Kos (Foto: Istimewa)


Anak kos biasanya sahur dengan makanan yang praktis dan mudah disajikan. Hal ini karena kerap kali anak kos melewatkan sahur hanya karena alasan telat bangun atau malas untuk memasak.

Oleh karena itu, untuk mengakalinya kamu bisa menyiapkan menu sahur yang mudah dibuat, agar tidak lagi meninggalkan sahur. Bagi anak kos, makan boleh ala kadarnya saja, namun tetap harus dipertimbangkan gizi yang terkandung dalam makanan tersebut.

Berikut 10 menu sahur ala anak kos yang bisa kamu coba:

1. Abon

Salah satu menu sahur ala anak kos yang paling mudah disajikan dan murah adalah abon. Hal ini tentunya tidak hanya berlaku di Bulan Ramadan saja, bahkan abon juga menjadi menu rekomendasi sehari-hari anak kos.

Sifat abon yang praktis dan dapat disimpan untuk waktu yang lama membuatnya sangat cocok dijadikan sebagai salah satu menu praktis untuk sahur.

2. Omelet Sayur

Menu sahur ala anak kos berikutnya adalah omelet sayur. Jika biasanya kamu membuat omelet menggunakan mi instan, kali ini cobala membuat omelet dengan menggunakan sayur, hal ini tentunya akan sedikit memberikan gizi pada tubuhmu. Pilih beberapa jenis sayur sehat, menu sahur satu ini tidak akan membuat kantongmu jebol.

3. Martabak Mi

Mi instan mungkin menjadi salah satu penolong anak kos saat menyediakan santapan sahur sederhana. Namun jika kamu hanya menyantap mi instan dengan cara yang sama tiap harinya akan membosankan.

Oleh karena itu, kamu bisa membuat martabak mi, yaitu campruan dari mi yang telah direbus dengan dua butir telur. Menu sahur ala anak kos satu ini tentu lebih sehat dan juga tetap praktis.

4. Oatmeal

Oatmeal menjadi pilihan menu sahur ala anak kos yang cukup populer. Apalagi, selama berpuasa kamu juga perlu menjaga kondisi tubuhmu harus tetap prima. Karenanya beberapa makanan gizi perlu kamu konsumsi, salah satunya oatmeal.

Makanan berbahan gandum ini berkhasiat menjaga kebugaran tubuh kamu selama berpuasa. Kamu bisa menyediakan stok oatmeal jika ingin menu sahur yang praktis dan juga bergizi. Bahkan, oatmeal juga bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama, yang mana sangat membantu saat berpuasa.

5. Sereal

Menu sahur ala anak kosa favorit lainnya adalah sereal. Makanan sahur ini juga sangat mudah disiapkan, dapat menghemat waktumu bila telat bangun saat sahur dan tidak sempat membuat makanan lainnya.

Sediakan stok sereal dan susu rendah lemak di kamar kos agar kamu dapat segera sahur setiap harinya. Tidak perlu waktu lama untuk menyajikannya.

6. Nasi Goreng

Menu selanjutnya adalah nasi goreng. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat nasi goreng sangat sederhana, yaitu nasi dan bumbu nasi goreng. Kamu dapat menggunakan bumbu instan atau dapat juga membuat bumbu sendiri dari campuran cabai, bawang merah, bawang putih, dan juga tomat.

Menambahkan telur ceplok dapat membuat nasi goreng lebih bernutrisi. Jika tersedia, tambahan sayuran, kornet, atau daging ayam juga bisa menjadi pilihan untuk menambah kelezatan nasi goreng.

7. Telur Ceplok

Jika kamu terlalu malas untuk memasak nasi goreng, telur ceplok pun juga bisa jadi menu sahur ala anak kos. Biasanya, telur mata sapi ini disantap dengan saos sambal, cabai bubuk atau kecap manis. Tapi, agar tubuhmu kenyang lebih lama, usahakan untuk mengkonsumsi menu tambahan, seperti buah kurma dan susu.

Kamu bisa mengolah telur menjadi berbagai makanan yang tidak memakan waktu lama. Sederhana dan rasanya juga enak.

8. Chicken Nugget

Chicken nugget merupakan salah satu menu sahur ala anak kos yang praktis. Apalagi chicken nugget memilih berbagai macam rasa yang dapat membuat rasa makanan sahurmu lebih beragam. Selalu sedia makanan satu ini di kos sebagai salah satu makanan tambahan pelengkap makan nasi.

9 .Sarden

Sarden dapat dimasak menggunakan rice cooker. Ikan yang dikemas kalengan ini juga ideal dijadikan sebagai menu sahur anak kos karena mudah disajikan dan tertunya bernutrisi tinggi. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan bahan lain untuk sarden seperti sayuran atau bahkan sumber protein seperti tahu dan tempe.

10. Mi Instan

Menu sahur ala anak kos yang paling praktis dan menjadi favorit tentunya adalah mi instan. Namun, mengonsumsi mi instan terlalu banyak dan terlalu sering tidak baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, kamu harus bisa mengontrol waktu untuk makan mi instan ini. Kamu bisa mencampurakan mi instan dengan sayuran. 




10 Menu Sahur Ala Anak Kos yang Praktis

Share to: