Cerita Umat Buddha Thailand yang Merayakan Waisak via Online Hari Ini

Cerita Umat Buddha Thailand yang Merayakan Waisak via Online Hari Ini

Cerita Umat Buddha Thailand yang Merayakan Waisak via Online Hari Ini

ilustrasi (Foto: Pixabay)


Hampir 95% penduduk Thailand adalah pemeluk agama Buddha. Mereka hari ini merayakan  Hari Waisak atau dikenal pula dengan nama Visakha Bucha di Thailand.

Namun perayaan tahun ini sedkit berbeda dari biasanya. Masyarakat Thailan merayakan Hari Waisak secara virtual karena pandemi.

Waisak yang menjadi hari penting dalam kalender umat Buddha yang menandai 3 peristiwa dalam kehidupan Sang Buddha di Thailan jatuh pada 6 Mei 2020.

Biasanya. mereka berkumpul di kuil untuk melakukan ritual dengan berjalan mengelilingi kuil utama sebanyak tiga kali sambil membawa lilin menyala.

Namun, seperti yang dilansir dari The Thaiger, pemerintah melarang umat Buddha tahun ini untuk berkumpul di kuil. Mereka diminta untuk berdoa merayakan Waisak di rumah masing-masing bersama keluarga.

Dikutip dari Bangkok Post, umat Buddha tetap dapat mengikuti ibadah melalui siaran langsung pelaksanaan upacara Waisak melalui siaran Facebook pada 9.30 pagi dan 5.30 sore yang akan dilaksanakan di Wat Prayoon dan Wat Suthat Thepwararam.

Kuil lainnya juga memberikan acara siaran langsung dengan melakukan  'wian tian' secara virtual bersama para biksu.

Sementara itu satu-satunya peringatan Hari Waisak yang diizinkan untuk diselenggarakan adalah Vesak Day 2020 Exhibition yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Thailand.

Namun, Semua pengunjung yang datang harus menerapkan jaga jarak sosial. Selain itu anak-anak dan orang lanjut usia disarankan untuk tidak datang ke sana.




Hari WaisakBuddha di ThailanPerayaan Waisak Online

Share to: