5 Tips Supaya Nggak Jadi Gemuk Setelah Lebaran

5 Tips Supaya Nggak Jadi Gemuk Setelah Lebaran

5 Tips Supaya Nggak Jadi Gemuk Setelah Lebaran

Tips Supaya Nggak Jadi Gemuk Setelah Lebaran (Foto: Instagram)


Menjadi gemuk pasca Lebaran memang jadi ketakutan banyak orang, termasuk para wanita. Makan opor, rendang, bakso, sampai deretan kue kering pasti tidak bisa ditolak. Tenang, Anda bisa tetap makan dan tidak menggemuk, kok. Berikut 5 tips supaya nggak jadi gemuk setelah Lebaran nanti:

1. Konsumsi dalam porsi kecil

Anda tetap bisa menyantap semua hidangan lebaran. Namun, usahakan porsinya kecil saja dan jangan banyak-banyak. Ganti piring makan dengan lepekan kecil. 

2. Minum air sebelum makan

Keinginan makan biasanya hadir saat Anda dalam kondisi lapar dan haus. Jadi, cobalah minum air putih dulu satu gelas sebelum makan atau ngemil hidangan Lebaran. Kalau perut terisi biasanya Anda tidak akan kalap menyantap semua makanan.

3. Tahan ngemil

Untuk camilan kue kering dan kerabatnya, ini saat yang tepat untuk menerapkan mindful eating. Jangan ngemil sambil ngobrol, sebab tangan dan mulut Anda biasanya tanpa sadar akan terus mengunyah. Ambil satu, masukkan ke mulut, lalu tutup lagi toplesnya.

4. Ingat olahraga

Tentu hal yang satu ini tidak boleh Anda lupakan. Mentang-mentang sedang hari raya, jangan sampai Anda bolos olahraga di sore atau pagi hari. Kalau perlu Anda sedikit lebih keras olahraga untuk membuang lemak tambahan yang masuk selama Lebaran nanti.

5. Sibukkan diri

Jangan makan dan tidur saja di hari raya. Bersihkan rumah sebelum tamu datang, bantu masak di dapur, atau bersihkan rumah pasca tamu atau saudara pulang. Dengan aktif bergerak artinya banyak energi Anda yang terpakai dan lemak yang masuk ke dalam tubuh juga terbuang.

Semoga 5 tips supaya tidak jadi gemuk akibat menyantap hidangan Lebaran di atas bisa membuat kamu jauh dari ketakutan menggemuk, ya.




Tips Supaya Nggak Jadi Gemuk Setelah Lebaran

Share to: