Hindari Lowbat Disaat Penting! Berikut 4 Tips Perpanjang Masa Pakai Baterai Android Kamu

Hindari Lowbat Disaat Penting! Berikut 4 Tips Perpanjang Masa Pakai Baterai Android Kamu

Hindari Lowbat Disaat Penting! Berikut 4 Tips Perpanjang Masa Pakai Baterai Android Kamu

ilustrasi (Foto: Pixabay)


Smartphone telah membuat hidup kita lebih mudah dalam banyak hal, sehingga membuat kita semakin bisa diandalkan. 

Namun, ada hal penting yang harus kamu perhatikan yaitu menghemat baterai. Pasti kamu suka kewalahan sama yang satu ini!

Menghemat masa pakai baterai ponsel sangat penting terutama ketika kamu berada di luar dan tidak dapat mengisi daya ponsel untuk jangka waktu yang lama. 

Oleh karena itu, kami akan berbagi beberapa tips untuk meningkatkan masa pakai baterai ponsel Android kamu.

1. Matikan GPS

GPS memang membutuhkan banyak daya, lho! Sementara beberapa aplikasi memerlukan akses lokasi, kamu bisa mematikannya jika sudah tidak diperlukan lagi.

Caranya: buka Pengaturan> Lokasi dan mematikan ‘Layanan Lokasi’. Beberapa ponsel Android juga memberi kamu opsi untuk mematikan GPS secara otomatis dan akan menyala jika ponsel tersambung Wifi saja. Hal ini tentu saja menghemat baretai.

2. Nyalakan Mode Gelap

Saat ini, sebagian besar perangkat Android hadir dengan opsi Mode Gelap atau Dark Mide yang menerapkan tema gelap di seluruh antarmuka pengguna. 

Jika ponsel kamu memiliki layar OLED, ini akan membantu menghemat baterai. Pasalnya, panel OLED tidak membutuhkan cahaya latar, panel ini menghasilkan warna hitam yang kaya dengan mematikan piksel individual. 

Jadi, menerapkan tema gelap akan meminimalkan daya yang digunakan untuk menyalakan layar ponsel sehingga dapat menghemat daya baterai. Anda juga perlu mengaktifkan Tema Gelap di semua aplikasi yang didukung seperti TouTube, Twitter Indtagram dan banyak lagi.

3. Batasi aplikasi yang berjalan di latar belakang

Untuk kamu yang terbiasa keluar dari aplikasi tanpa menutupnya, lebih baik hilangkan kebiasaan itu. Ini dapat membuat aplikasi berjalan di latar belakang dan menyedot banyak daya baterai. 

Pertama, kamu harus benar-benar keluar dari aplikasi atau menghapusnya dari item terbaru. Kedua, kamu perlu membatasi beberapa aplikasi agar tidak berjalan di latar belakang. 

Caranya: buka Pengaturan> Aplikasi dan pilih aplikasi. Sekarang pergi ke opsi Penghemat Daya atau Baterai dan pilih "Jangan Jalankan di Latar Belakang".

4. Singkirkan 'battery killers'

Terkadang, beberapa aplikasi mengalami bug dan masalah lain yang menyebabkannya tidak berfungsi dan menguras masa pakai baterai ponsel. 

Kamu perlu memantau penggunaan baterai ponsel untuk mengidentifikasi aplikasi tersebut dan menyingkirkannya. Caranya: Pengaturan> Baterai> Penggunaan Daya untuk memantau penggunaan daya aplikasi. Kamu juga dapat menginstal asisten pihak ketiga untuk mengawasi perilaku aplikasi semacam itu.




Tips awet bateraiBaterai hpTips hindari low batterai

Share to: