Lady Antebellum, Ganti Nama Band Karena Berkonotasi Perbudakan

Lady Antebellum, Ganti Nama Band Karena Berkonotasi Perbudakan

Lady Antebellum, Ganti Nama Band Karena Berkonotasi Perbudakan

Lady A (Foto: Instagram)


Grup band country Lady Antebellum mengganti nama bandnya menjadi Lady A. Mereka mengganti nama band mereka setelah mengetahui konotasi negatif yang berkaitan dengan nama 'Antebellum'.

Band country Amerika Serikat yang terdiri dari Hillary Scott, Charles Kelley dan Dave Haywood itu mengumumkan hal ini lewat media sosial. Mereka mengatakan bahwa mulai saat ini nama band mereka diganti menjadi Lady A atau versi lebih pendek yang selama ini sering digunakan oleh para fans.

Melalui akun resmi Twitter dan Instagram, pemenang piala Grammy Country Group itu mengaku malu dan menyesal karena tidak memperhitungkan dan mempertimbangkan segala aspek seperti sejarah perbudakan ketika membuat nama grup. Mereka menegaskan tak pernah berniat melukai hati pihak tertentu melalui nama grup. Namun, tak bisa dipungkiri ternyata hal itu melukai banyak orang.

"Kami benar-benar minta maaf kepada orang-orang yang terluka dan merasa tak dihargai karena hal ini," tulis Lady A.

Para personel Lady A juga menjelaskan alasan mereka di balik penggantian nama band. Mereka merenungkan kembali kata 'Antebellum'. Di mana kata itu berkaitan dengan aspek-aspek Perang Selatan sebelum Perang Sipil, termasuk perbudakan di AS.

"Kami telah menyaksikan dan mendengarkan lebih banyak dari sebelumnya selama beberapa minggu terakhir ini, dan hati kami terbuka dengan keyakinan, mata kami terbuka lebar terhadap ketidakadilan, ketidaksetaraan dan bias yang selalu dihadapi wanita dan kaum kulit hitam dan terus dihadapi setiap hari," tulis mereka, Jumat, 12 Juni 2020.

Mereka berjanji perubahan nama grup tersebut akan menjadi awal dari banyak gerakan yang akan dilakukan sebagai komitmen melawan rasisme. Langkah mereka selanjutnya adalah donasi untuk keadilan.

"Kita bisa menjadi masyarakat yang lebih baik dengan saling membantu mereka yang menjadi korban ketidakadilan, sekaligus mengedukasi anak-anak dan generasi mendatang," ajak grup tersebut.




Lady ALady AntebellumCountry Music

Share to: