Viral, Apa Benar Ibu Ruminah Pencipta dan Pelopor Ayam Geprek? Kalau Iya, Kalian Semua Harus Berterima Kasih Gaes

Viral, Apa Benar Ibu Ruminah Pencipta dan Pelopor Ayam Geprek? Kalau Iya, Kalian Semua Harus Berterima Kasih Gaes

Viral, Apa Benar Ibu Ruminah Pencipta dan Pelopor Ayam Geprek? Kalau Iya, Kalian Semua Harus Berterima Kasih Gaes

Ayam Geprek Bu Rum (Foto: dok. Istimewa)


Siapa sih yang gak tahu ayam geprek? Makanan sederhana dengan komponen utama ayam goreng tepung ini lagi tren di mana-mana. Bahkan, Google mencatat pada tahun 2017, ayam geprek menjadi salah satu makanan yang paling banyak dicari oleh pengguna Indonesia di mesin pencarian. 

Membuatnya juga sangat mudah, cukup ‘menggeprek’ ayam di cobek batu berisi ulegan cabai, garam, dan bawang putih. Gak heran menu ini jadi favorit banyak orang gaes. 

Tapi tahu gak sih sejarah asal muasal ayam geprek ini?  Kabarnya, ayam geprek terinspirasi dari ayam penyet dan berasal dari Jogja.

Ternyata pelopornya tak lain adalah Warung Ayam Geprek Bu Rum. Warung Bu Rum ini bahkan sampai viral di twitter lho gaes. Akun @amirulfarras belum lama ini membagikan kisah asal muasal ayam geprek yang kini terkenal itu. Berikut adalah sedikit kisahnya.  

Ibu Ruminah (56) inilah pendiri Warung Ayam Geprek Bu Rum sekaligus pembuat pertama ayam geprek. Warung sederhana ala kaki lima miliknya diyakini sebagai pionir yang bertanggung jawab mempopulerkan ayam geprek, hingga akhirnya fenomenal.

Bu Rum atau Ruminah, adalah seorang wanita paruh baya yang memulai usaha ayam geprek ini sejak 2003. Padahal, penemu ayam geprek ini dulunya berjualan lotek. Namun sekitar 15 tahun silam, ia akhirnya memutuskan untuk berdagang sajian ayam goreng tepung.

Ruminah bercerita awal pembuatan ayam geprek sebenarnya karena diminta oleh pelanggannya. Ia ingat ada mahasiswa asal Kudus, Jawa Tengah yang meminta ayam goreng tepungnya diberi aneka sambal.

Akhirnya ia berkreasi menciptakan ayam geprek yang fenomenal itu. Ia tak mengira, menu ciptaannya tersebut disukai banyak orang. Karena waktu itu belum ada yang menamai, banyak orang menyebutnya ayam gejrot. Bu Rum sendiri akhirnya berinisiatif memberikan sebutan ayam geprek. 'Prek' itulah bunyi saat Bu Rum menghantamkan ulegan di atas potongan ayam dengan racikan bumbu yang kemudian diaduk-aduk. 

Cuitan @amirulfarraspun menuai banyak komentar netizen gaes. Ada yang malah flash back, ada juga yang mengagumi racikan Bu Rum yang super endeus. 

"Sumpah ya pertama kali gue makan ayam geprek di sinii, depan homestay waktu di Jogja, abis darisitu balik-balik ke rumah baru banyak yang jual ayam geprek. Bener aja Bu Rum pelopornya," ungkap @nanda_kampai28. 

 

Ada juga lho netizen yang membandingkan ayam geprek Bu Rum dengan ayam geprek lain yang terkenal itu. Kalo kata netizen sih tetep ayam geprek Bu Rum yang melegenda. Bahkan, Ayam geprek lainnya juga disuruh mingir. Ini dia beberapa rangkuman pendapat netizen soal warung ayam geprek Bu Rum.

@MasGuffey: Legenda Jogja

@emeraldblush: ASLI YA GEPREKNYA GAK ADA YANG KALAHKAN!!!!! KOBIS? BENSU? HALAH MENGGEEEERRRRRR




Info MenarikInfo UpdateSejarah ayam geprekasal muasal ayam geprekFoodies

Share to: