10 Fakta Unik Jokowi: Pernah Ganti Nama dan Nggak Pernah Pakai Arloji Lho

10 Fakta Unik Jokowi: Pernah Ganti Nama dan Nggak Pernah Pakai Arloji Lho

Foto

Jokowi


Presiden Joko Widodo (Jokowi) berulang tahun hari ini, Minggu 21 Juni 2020. Presiden ke-7 Republik Indonesia itu kini berusia tepat 59 tahun.

Presiden Jokowi lahir di Solo, Jawa Tengah pada 21 Juni 1961. Orang nomor satu di Indonesia itu merupakan putra dari pasangan Noto Mihardjo dan Sudjatmi.

Seperti yang kita ketahui ya gaes, Jokowi dikenal sebagai presiden dengan hobi blusukan alian inspeksi langsung melihat kondisi masyarakat di lapangan.

Selain kepiawaiannya dalam memimpin, Jokowi rupanya juga menyimpan segudang kisah hidup dan fakta unik yang tak boleh dilewatkan begitu saja oleh rakyat Indonesia lho.

Nah biar kalian nggak penasaran yuk langsung simak disini gaes.

1. Asal mula nama Jokowi

Foto: Istimewa

Tak banyak yang mengetahui bahwa nama Jokowi bukan hanya sekedar singkatan iseng lho. Nama tersebut memiliki sejarah menarik yang berasal dari hari-harinya sebagai eksportir mebel. Perusahaan furnitur milik Jokowi yang bernama CV Rakabu konon didatangi seorang pembeli asal Prancis bernama Bernard Chene. Di lingkungan Solo, Jawa Tengah, Joko merupakan nama yang kerap digunakan sehingga orang asing seperti Bernard kemungkinan kesulitan membedakan satu sama lain.

“Saya bertemu dengan pembeli mebel dari Prancis bernama Bernard Chene. Dia yang memberi sebutan Jokowi untuk saya, untuk membedakan Joko Widodo dengan Joko-Joko lainnya yang banyak beliau kenal. Sejak saat itu orang-orang lingkungan pengusaha mebel memanggil saya Jokowi,” ungkap Jokowi

2. Pernah berganti nama saat masih kecil

Foto: Istimewa

Sebelum menyandang nama Joko Widodo, Jokowi awalnya bernama Mulyono. Kedua orang tuanya lantas mengganti nama tersebut menjadi Jokowi karena ia berulang kali sakit. Menurut kepercayaan masyarakat Jawa, anak kecil yang sering sakit-sakitan harus segera berganti nama.

“Boleh tidak percaya, saya kemudian tumbuh sehat. Itu misteri,” tutur Jokowi 

3. Pecinta minuman temulawak

Foto: Istimewa

Temulawak ialah salah satu tanaman khas Indonesia yang sering diolah menjadi minuman jamu tradisional. Temulawak memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Tanaman yang sering dijumpai di Pulau Jawa itu terbukti ampuh untuk mengatasi masalah pencernaan, peradangan, osteoarthritis, hingga gangguan liver. Manfaat temulawak itulah yang membuat Jokowi gemar mengonsumsi jamu herbal temulawak.

Jokowi mengaku bahwa segelas temulawak adalah minuman wajibnya setiap pagi sebelum mulai bekerja. “Kalau mau agak enak biasanya dicampur jahe sedikit,” ujarnya.

4.  Tidur dua jam sehari

Foto: Istimewa

Sebagai seorang pemimpin negara, padatnya agenda hingga serangkaian perjalanan dinas tentu saja menyita waktu istirahat Jokowi sehingga tidak bisa tidur sesuai jadwal. Menurut pengakuannya pada awak media, rata-rata waktu tidur Jokowi ialah dua jam sehari. Faktanya, orang dewasa berusia 26-64 tahun membutuhkan waktu tidur 7-9 jam per hari. Untuk melengkapi waktu tidur yang kurang itu, Jokowi senantiasa menyempatkan beristirahat sejenak di setiap perjalanan yang dilakukannya. “Kalau dalam perjalanan di mobil 15 menit, di pesawat setengah jam,” ucap Jokowi.

Menurut cerita pegawai Kantor Staf Presiden Happy Kurniawan Harinto, Jokowi selalu tidur di atas pukul 00.00 karena kesibukannya. “Pak Jokowi tuh ngobrol sebentar, enggak sampai 10 menit bisa tertidur,” katanya

5. Keisengan saat masih kecil

Foto: Istimewa

Jokowi kecil rupanya tak jauh beda dengan anak-anak pada umumnya. Di video “Kisah Hidup Jokowi,” ia mengaku pernah berbuat nakal hingga dihukum oleh ibunya. Saat itu, sejak kondisi keuangan orangtuanya membaik, Jokowi kerap iseng memanggil penjajal makanan yang lewat di depan rumah gaes. Tukang siomay, bakso, atau jajanan pasar apapun akan dipanggil seenaknya oleh Jokowi. Ibunya waktu itu hanya pasrah menghadapi keisengan Jokowi dan terpaksa membayar kudapan yang sudah dimakan Jokowi.

Suatu ketika, Jokowi salah memanggil. Pedagang yang lewat di depan rumah dan dipanggilnya ternyata menjajakan arang, bukan jajanan pasar seperti yang ia duga. “Ibu muncul sebelum saya sempat berlari. Terpaksa Ibu membelinya dan langsung menyodorkan bungkusan berisi arang untuk saya makan, sambil berkata, ‘Ayo makan, habisin ya. Kamu ‘kan yang kepingin jajan’,” kenang Jokowi.

6. Jarang sarapan dan lebih menyukai makanan sederhana

Foto: Istimewa

Berbeda dari banyak orang pada umumnya yang mengonsumsi sarapan, Jokowi rupanya jarang makan berat saat mengawali rutinitas di pagi hari lho. Jokowi terkadang hanya mengisi perut dengan makanan ringan seperti telur rebus.

Untuk makanan sehari-hari, Jokowi juga lebih menyukai menu tradisonal sederhana semacam nasi liwet, sayur asam, dan tempe. Biasanya, jika tak menyantap telur rebus, Jokowi hanya meminum jamu, madu, atau air putih di pagi hari. Jamu yang gemar diminumnya ialah campuran temulawak, jahe, kunir.

7. Kisah cinta Jokowi dan Iriana

Foto: Istimewa

Ibu Negara Iriana Widodo memasuki kehidupan Jokowi menginjak akhir masa kuliahnya. “Dia teman adik saya yang sering main ke rumah. Pertama curi-curi pandang, lama -lama jatuh cinta. Iriana orangnya sederhana dan itu yang saya suka.”

Jokowi mengaku bahwa masa pacaran mereka berdua cukup berat lantaran berbeda kota. Jokowi saat itu berada di Yogyakarta, sementara Iriana tinggal di Solo. “Pacaran waktu itu berat di ongkos, tapi ringan di hati. Saya naik bus penuh sesak, bolak-balik Yogyakarta-Solo demi bertemu Iriana.”

Setelah lulus kuliah tahun 1985, Jokowi diterima bekerja di perusahaan kertas di Aceh. Beberapa bulan kemudian, Jokowi kembali ke Solo untuk melamar Iriana. Di masa pernikahan, Jokowi dan Iriana hidup di tengah hutan rimba Aceh selama 2,5 tahun. “Pada tahun kedua, Iriana sudah dalam kondisi hamil dan kita memutuskan untuk melahirkan anak pertama kami di Solo.”

8. Jam tangan Jokowi

Foto: Istimewa

Berbagai potret maupun rekaman menunjukkan bahwa Jokowi konon tidak pernah memakai jam tangan. Jokowi mengaku tidak pernah memakai arloji sejak kecil, bahkan dirinya pernah menangis ketika disuruh memakai jam tangan untuk berfoto.

Saat ditanya seorang wartawan bagaimana Jokowi bisa mengetahui waktu, ia hanya menjawab santai, “Tinggal lihat HP atau tanya orang.”

9. Presiden musik cadas

Foto: Istimewa

Sekilas terlihat kalem, kepribadian Jokowi yang cenderung sederhana rupanya tidak mencerminkan musik favoritnya: Heavy Metal. Dalam kesempatan santai, Jokowi sering didapati mengenakan kaos bertuliskan logo band kesayangannya. Jokowi merupakan penggemar berat berbagai kelompok musik hard rock dan heavy metal lho seperti Metallica, Megadeth, Lamb of God, dan Napalm Death. Musik rock baginya dapat memberikan motivasi dan menjadi penyemangat di kala bekerja.

Mendengarkan musik metal rupanya telah digeluti Jokowi sejak masa kuliah, bahkan turut memengaruhi penampilannya saat itu. “Saya gondrong waktu kuliah dan saya suka banget mendengarkan musik cadas ya. Dari Nazareth, Queen, Metallica, Guns and Roses.”

10. Jamuan untuk tamu istana

Foto: Istimewa

Sejak pertama kali dilantik sebagai presiden, menerima tamu negara di lingkungan istana sudah menjadi rutinitas Jokowi. Tak hanya pejabat pemerintah, pengusaha, dan birokrat asing, Jokowi juga gemar mengundang masyarakat umum seperti supir metromini dan tukang ojek untuk makan siang bersama.

Setiap kali menjamu tamu negara, Jokowi memberlakukan aturan khusus yang berlaku untuk semua tamu. Aturannya sederhana saja, yakni tak boleh menyajikan nasi kotak. Menurut Jokowi, setiap tamu mesti diperlakukan secara istimewa. Meski sepele, sudah menjadi ciri khas Jokowi untuk memerhatikan hal-hal kecil seperti penyajian makanan. Suatu ketika, ajudan istana menyajikan makanan kotak untuk para tamu yang dijamu Jokowi. Ia lantas segera meminta agar hidangan disajikan dalam bentuk prasmanan.

Nah itu dia 10 fakta unik dari Presiden Joko Widodo yang jarang diketahui oleh semua orang.




Joko WidodoJokowiPresiden RI

Share to: