Kristin D and Joelina Bee' Warga AS Ini Jadi Artis Dangdut di Amerika Gaes! Terinspirasi Banget dari Didi Kempot

Kristin D and Joelina Bee' Warga AS Ini Jadi Artis Dangdut di Amerika Gaes! Terinspirasi Banget dari Didi Kempot

Kristin D and Joelina Bee' Warga AS Ini Jadi Artis Dangdut di Amerika Gaes! Terinspirasi Banget dari Didi Kempot

Kristin D dan Joelina Bee (Foto: Instagram)


Musik dangdut memang bisa menyatukan banyak kalangan, karena musik dangdut ini bisa dinikmati oleh hampir semua orang. Bahkan ada juga lho bule yang terinspirasi oleh musik dangdut karya anak bangsa. Salah satunya adalah Kristin D and Joelina Bee yang memutuskan untuk jadi pedangdut karena terinspirasi karya-karya almarhum Didi Kempot.

Awalnya, mereka diperkenalkan pada lagu-lagu Didi Kempot oleh seorang produser musik bernama Rissa Asnan. Sejak saat itulah, mereka mulai tertarik dengan genre campursari dan dangdut. 

1. Kisah Kristin D Bisa Tekuni Dunia Dangdut

Berbeda dari Joel, Kristin bahkan sejak awal langsung ditawari untuk mempelajari bahasa dan musik Indonesia. Karena memang suka musik, Kristin pun menerima 'tantangan' tersebut.

"Jadi ceritanya berawal ketika saya bertemu Rissa. Dia adalah produser dangdut di Amerika dan pembuat film Dangdut 101. Dia bertanya kepada saya, apakah mau belajar musik Indonesia?" kenang Kristin D.

"Tentu saja saya mau. Saya suka musik, saya suka musikal dan saya tidak takut belajar bahasa lain," lanjutnya.

2. Tak Mengerti Arti Dari Lagu-Lagu Didi Kempot

Ketika pertama mendengarkan lagu-lagu Didi Kempot, Joel mengaku sama sekali tak mengerti liriknya. Meskipun begitu, hatinya langsung tergerak karena bisa merasakan emosi yang tertuang dalam lagunya.

"Yang membuat spesial adalah meskipun saya tidak mengetahui makna dari lirik lagunya, tetapi ada banyak emosi yang terlibat di dalam lagu tersebut. Kamu bisa merasakannya ketika kamu sedih atau bahagia, kamu merasakan getaran pada lagunya," terang Joelina.

3. Terhubung Lewat Karya-Karya Didi Kempot

Sama seperti Joel, Kristin juga tak mengerti arti dari lagu-lagu Didi Kempot. Meskipun begitu, menurutnya karya sang maestro punya kemampuan untuk membuat para pendengarnya terhubung secara emosional.

"Jadi, saya punya latar belakang musik teater di mana ada banyak cerita dongeng, drama romantis, cerita cinta. Dan saya senang dia bisa memasukkannya ke dalam lagu, dan semua orang bisa terhubung dengan musik. Dan benar-benar membuatnya terhubung dengan saya, meskipun saya tak mengerti semua kata. Saya bisa meraskan begitu dalam emosinya melalui musiknya," ujar Kristin D.

4. Hapal Lagu-Lagu Didi Kempot

Kristin mengaku jika saat ini dirinya memang masih terus belajar Bahasa Indonesia dan menyanyikan lagu dangdut. Namun sejauh ini, Ia bisa dengan mudah menghapalkan lagu-lagu dari almarhum Didi Kempot.

"Saya tak tahu kenapa. Saya tidak tahu arti bahasanya. Ini sangat lucu. Saya bisa mendengarkan musiknya dan belajar menghafal dengan cepat. Saya dengarkan kembali lagi. Saya tidak bisa bahasa Jawa. Saya ingin belajar bahasa Indonesia tapi baru mulai belajar, tolong maafkan saya," seloroh Kristin.

5. Sebut Lagu-Lagu Didi Kempot Sebagai Warisan Bangsa

Ketika ditanya mengenai lagu favorit, Kristin mengaku suka Tatu, Sewu Kuto dan Pamer Bojo. Sementara itu, Joel menggilai Kalung Emas dan Stasiun Balapan. Dan di penghujung perbincangan, Kristin melemparkan pujiannya terhadap almarhum Didi Kempot.

"Saya percaya dia adalah warisan dengan semua lagunya. Tidak ada karyanya yang tidak akan jadi terkenal, dan warisan dengan pekerjaan amalnya. Apa saja yang dia lakukan membuat semua tempat lebih baik. Saya berpikir semua orang mengenangnya dengan semangatnya dalam bermusik," tutup Kristin.




Kristin DJoelina BeeDidi KempotDangdut In AmericaMusik Dangdut

Share to: