Keren! 9 BUMN Ini Raih Predikat Industry Leader di Ajang Performance Excellence Award 2020

Keren! 9 BUMN Ini Raih Predikat Industry Leader di Ajang Performance Excellence Award 2020

Foto

Predikat Industry Leader di Ajang Performance Excellence Award 2020 (Foto: dok. Istimewa)


Ada kabar gembira nih gaes! Meskipun dibayangi pandemi, BUMN Performance Excellence Award (BPEA) akhirnya berhasil diselenggarakan pada tahun 2020. Ajang ini terselenggara atas kerjasama antara Forum Excellence BUMN (FEB) dan Majalah Infobank.

Sekertaris Umum FEB Firmanto Purdhy menjelaskan, BPEA merupakan ajang penganugerahan penghargaan, berupa piagam serta trophy, kepada BUMN yang telah bekerja keras membangun daya saing melalui integrasi berbagai sistem manajemen hingga mencapai kinerja ekselen tertentu.

“KPKU BUMN merupakan salah satu strategi inisiatif Kementerian BUMN melalui perbaikan dan peningkatan kinerja secara kesisteman dan berkelanjutan menuju kinerja kelas dunia,” kata Firmanto di Jakarta, Rabu 4 Maret 2020.

Bukan cuma itu, menurut Firmanto, semangat membangun daya saing gobal ini, bakal terus dipelihara dan ditingkatkan, apalagi ditengah situasi ekonomi dan persaingan global yang semakin ketat serta penuh ketidakpastian.

Setelah perusahaan menerapkan model bisnis ekselen berbasis KPKU, lalu dilakukan asesmen oleh tim asesor yang terdiri dari 5-7 orang asesor terlatih, untuk mengetahui posisi daya saing perusahaan berdasarkan kinerja tahun asesmen tersebut.

Buat informasi aja nih, jadi konsep KPKU diadopsi dan diadaptasi dari MBCPE (Malcolm Baldrige Criteria Performance Excellence), yaitu Kerangka Kerja Bisnis Ekselen (Business Excellence Framework) yang mengacu pada Global Best Practise dari perusahaan terbaik kelas dunia. Konsep ini dikembangkan dan dikelola oleh National Institute of Standards & Technology (NIST), Pemerintah Amerika Serikat (AS) dan telah diadopsi oleh berbagai negara di dunia.

KPKU membagi Excellence Level dalam 8 (delapan) band, mulai dari terendah yaitu 1) Early Development (ED), (2) Early Result (ER), (3) Early Improvement (EI), (4) Good Performance (GP), (5) Emerging Industry Leader (EIL), (6) Industry Leader (IL), (7) Benchmark Leader (BM), dan tertinggi (8) World Class (WC).

BPEA tahun 2020 memberikan penghargaan kepada BUMN yang dinilai memiliki Excellence Level Band minimal Good Performance (GP). Penghargaan BPEA ini, diberikan atas pencapaian tingkat kinerja ekselen (Excellence Level) perusahaan yang mengacu pada Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU) yang telah ditetapkan oleh Kementerian BUMN sejak 2012.

Anugerah penghargaan kali ini akan diberikan kepada 39 BUMN yang mendapat predikat Good Performance (GP), 22 BUMN dengan predikat Emerging Industry Leader (EIL), dan 9 BUMN dengan predikat Industry Leader (IL). Semua ini terpilih dari 100 BUMN yang telah diases oleh tim asesor KPKU dan yang telah mengikuti seluruh proses pendampingan asesmen oleh FEB.

Kegiatan KPKU sendiri adalah suatu rangkaian yang dimulai dari pelatihan untuk mengembangkan kapasitas keilmuan para praktisi Business Excellence BUMN, proses asesmen sampai kepada penganugerahan BUMN yang mencapai prestasi kinerja ekselen.

Harapan kita agar proses penerapan kerangka kerja bisnis ekselen (KPKU) ini berjalan secara runtut dan berkelanjutan sehingga dapat menjadi sarana penunjang bagi Kementerian BUMN dan BUMN untuk secara bersama mewujudkan 5 (lima) fokus utama Kementerian BUMN yaitu: Economic & Social Value for Indonesia, Business Model Innovation, Technology Leadership, Energize Investment dan Unleash Talent.

Tercatat, ini dia nih kesembilan Peraih Predikat Industry Leader BUMN pada Performance Excellence Award 2020 adalah:

1. PT Jasa Marga (Persero) Tbk

2. PT Telekomunikasi Indonesia (Persero)Tbk

3. PT Wijaya Karya (Persero) Tbk

4. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk

5. PT Angkasa Pura II (Persero)

6. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk

7. PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk

8. PT Semen Indonesia (Persero) Tbk

9. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk




Performance Excellence Award 2020PT Jasa Marga (Persero) TbkPT Telekomunikasi Indonesia (Persero)TbkPT Wijaya Karya (Persero) TbkPT Bank Rakyat Indonesia (Persero) TbkPT Angkasa Pura II (Persero)PT Bank Mandiri (Persero) TbkPT Semen Indonesia (Persero) TbkPT Pembangunan Perumahan (Persero) TbkPT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk

Share to: