Inalum Raup Dana dari Global Bond Senilai Rp 37,5 T

Inalum Raup Dana dari Global Bond Senilai Rp 37,5 T

Inalum Raup Dana dari Global Bond Senilai Rp 37,5 T

Inalum Raup Dana dari Global Bond Senilai Rp 37,5 T (Foto: dok. Istimewa)


Gaes, kalian tahu gak sih? Holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pertambangan PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) berhasil menerbitkan instrumen obligasi dalam dolar AS atau Global Bond senilai USD2,5 miliar atau setara dengan Rp37,5 triliun (kurs Rp15.000 per USD).

Dalam penerbitan surat utang ini, Inalum menawarkan tiga tenor investasi, 5 tahun, 10 tahun dan 30 tahun. Nah, soal kuponnya, untuk 5 tahun ditawarkan kupon 4,75%, 10 tahun 5,45%, dan yang 30 tahun ditawarkan dengan kupon 5,8%. Inalum sebelumnya mendapat rating Baa2 dari Moody's dan BBB- dari Fitch.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, inovasi pendanaan yang dilakukan BUMN, seperti global bond,

"Dengan ini terbukti bahwa dunia usaha internasional masih mempercayai perusahaan BUMN yang sekarang terus berbenah demi mengingkatkan daya saingnya, serta semakin transparan. Secara umum, Indonesia di bawah kepemimpinan pak Jokowi juga masih dipercaya oleh dunia Internasional," jelas Erick Thohir, dalam keterangannya, Selasa 12 Mei 2020.

Dengan diterbitkannya global bond oleh Inalum ini, maka melengkapi penerbitan surat utang serupa yang sudah dilakukan PT Hutama Karya (Persero) dengan nilai USD 600 juta dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk senilai USD 500 juta.

Bisa kita simpulkan nih, dalam dua minggu, global bond yang sudah diterbitkan BUMN sudah mencapai USD 3,6 miliar atau setara dengan Rp 54 triliun.




PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum)Global Bond

Share to: