Debat Netizen Soal Acara TV NetGeo Gordon Ramsay Masak Rendang bersama Chef William Wongso

Debat Netizen Soal Acara TV NetGeo Gordon Ramsay Masak Rendang bersama Chef William Wongso

Foto

Acara NetGeo Gordon Ramsay (Foto: Twitter)


Netizen Indonesia memang gemar mengomentari berbagai hal. Kali ini acara yang dipandu oleh Chef Selebriti asal AS Gordon Ramsay,  banyak menuai komentar netizen.

Mereka bahkan sampai berdebat di Twitter lho gaes. Gara-garanya, acara "Gordon Ramsay: Uncharted Season 2" episode 4 yang mengangkat perjalanan koki bintang Michelin Gordon Ramsay belajar memasak rendang di Sumatera Barat dinilai dipandu oleh sosok yang tak pas: William Wongso. 

Lucunya lagi, perdebatan ini ramai sebelum acaranya sendiri ditayangkan penuh pada Minggu 28 Juni 2020. Trailer acara tersebut yang keburu mengundang serangan dari netizen. 

Dalam trailer yang diunggah oleh Nat Geo, terlihat Gordon Ramsay berkunjung ke Sumatera Barat dan ditantang memasak rendang, masakan yang sama sekali belum ia kuasai. William lah yang melemparkan tantangan tersebut kepada Ramsay. William sendiri adalah pemerhati kuliner, koki kenamaan, sekaligus pakar gastronomi Indonesia.

"Chef William Wongso is an Indonesian legend who has mastered over 200 varieties of Rendang,” tulis media sosial National Geographic.

Muncul lah pertanyaan dari penonton, dari begitu banyak pemasak rendang di Sumatera Barat, mengapa harus William yang merupakan seorang Tionghoa yang mengajarkan cara memasak makanan kebanggaan orang Minang ini kepada Ramsay?

Tak hanya itu. Akun Bruce Emond juga mempertanyakan penggunaan istilah "legenda" yang disematkan kepada William, yang ia khawatirkan kalau sembarangan dipasangkan, akan membuat kata ini jadi klise.

Dua respons yang sebenarnya menggugat hal berbeda ini sebenarnya tak viral. Namun, karena keduanya dipukul rata sebagai gugatan pada kredibilitas William Wongso, datang twit pembelaan yang bikin pertanyaan biasa meluas jadi polemik.

Andai siapapun mau sedikit berusaha saat berkomentar, sebenarnya tak sulit menelusuri reputasi William Wongso. Sejak 2010, lelaki bernama lengkap William Wiraatmadja Wongso ini telah mendedikasikan dirinya sebagai promotor masakan Indonesia terutama rendang di dunia internasional, di luar spesialisasinya di bidang masakan Asia dan Eropa

Pada 2010 pula Kompas telah menyebut William sebagai diplomat rendang, masakan yang ia terjemahkan ke bahasa Inggris sebagai caramelized beef curry. Mundur ke 2007, William juga mendapat popularitas dari acara televisi yang ia pandu, The ABC Cooking Adventure with William Wongso di Metro TV. Jika rasanya masih kurang, fakta ini tak boleh dilewatkan. Pada 2001, William dianugerahi gelar Chevalier de l’Ordre National du Mérite dari Kementerian Pertanian Prancis atas jasanya mengenalkan masakan Prancis di Indonesia dan dunia.




chef Gordon RamsayWilliam WongsoUnchartedSeleb UpdateKabar Update

Share to: