Fakta Unik Dibalik Perjalanan Gordon Ramsay Belajar Masak Rendang di Sumatra Barat, Mantap Lur!

Fakta Unik Dibalik Perjalanan Gordon Ramsay Belajar Masak Rendang di Sumatra Barat, Mantap Lur!

Fakta Unik Dibalik Perjalanan Gordon Ramsay Belajar Masak Rendang di Sumatra Barat, Mantap Lur!

Foto: YouTube


Bagi kalian yang suka menonton acara memasak pastinya sudah nggak asing lagi dengan Gordon Ramsay bukan?

Yaps Gordon Ramsay dikenal oleh masarakat lewat berbagai acara memask di TV misalnya ti Master Chef, Master Chef Junior, dan Hell’s Kitchen.

Dalam serial Gordon Ramsay: Uncharted, ia berpetualang ke tempat-tempat terpencil yang luar biasa di berbagai belahan dunia untuk mencari inspirasi kuliner. Nah, dalam salah satu episode musim kedua serial yang ditayangkan National Geographic Channel ini, Gordon Ramsay yang berkesempatan mengunjungi Indonesia, loh! Tepatnya, ke Sumatra Barat yang terkenal akan masakan padangnya.

Demi bisa mendapatkan bahan-bahan untuk masak rendang, juru masak berusia 53 tahun ini harus melewati berbagai tantanga gaes.

Tantangan apasaja yang harus dilalui Gordon? nah biar nggak penasaran yuk langsung simak disini gaes.

1. Gordon Ramsay ditantang untuk masak rendang versinya sendiri dalam waktu seminggu

Foto: Istimewa

Perjalanan Gordon Ramsay dalam petualangan ini dimulai di Tanah Datar, Sumatera Barat. Di sana, ia dijamu dengan makan bajamba di Istano Baso Pagaruyung. Makan bajamba adalah tradisi makan  masyarakat Minangkabau dengan cara duduk bersama-sama di dalam suatu ruangan. Tradisi ini memunculkan rasa kebersamaan tanpa melihat perbedaan status sosial. Saat sedang menikmati makanan, Gordon malah ditantang untuk masak rendang!

2. Penantang Gordon adalah mentornya dalam episode ini, yakni pakar kuliner Indonesia Chef William Wongso. Koki berusia 73 tahun ini telah menggeluti dunia masak lebih dari setengah abad, loh!

Foto: Istimewa

Lahir dengan nama William Wirjaatmadja Wongso, juru masak kelahiran malang ini merupakan pakar kuliner Indonesia. Dikenal sebagai master yang tegas, Chef William mendapatkan popularitas lewat acara The ABC Cooking Adventure with William Wongso yang tayang di Metro TV pada tahun 2007. Di luar negeri, Chef William dikenal sebagai duta kuliner Indonesia. Telah menguasai lebih dari 200 cara mengolah rendang dan mengenalkan rendang kepada dunia, ia pun mendapat julukan “Diplomat Rendang“.

3. Untuk membuat rendang, Gordon Ramsay harus mencari daging sapi khusus gaes

Foto: Istimewa

Di tengah perjalanan untuk mendapatkan daging sapi, juru masak yang menjadi ayah dari lima anak ini mampir ke sebuah kedai bika bersama pemandunya, Ade. Di Sumatra Barat, bika biasanya menjadi cemilan sore hari dan dinikmati bersama kopi. Selain menikmati bika, Gordon juga nyobain bikin bika dengan memasukkan kelapa ke dalam panggangan beberapa kali, tetapi gagal.

4. Selesai menikmati bika, Gordon Ramsay diajak mencoba durian Sumatra yang rasanya beda dari durian lain lho.

Foto: Istimewa

Koki yang punya lebih dari 35 restoran di seluruh dunia ini bilang, ia nggak suka rasa durian, tapi tetap menghormati orang yang doyan durian. Gordon dibujuk untuk  Hmm, ternyata durian memang bukan selera koki selebritas ini.

5. Perjuangan mendapatkan daging sapi terbaik ternyata nggak mudah. Pemilik sapi menantang Gordon Ramsay untuk ikut serta dalam Pacu Jawi

Foto: Istimewa

Pacu Jawi adalah acara olahraga tradisional yang dulunya merupakan perayaan penutupan musim panen padi. Nama acara ini berasal dari bahsa Minang yang artinya balapan sapi. Demi rendang, Gordon Ramsay mau melakukan apa pun! Juru masak yang besar di Inggris ini pun dan mencoba mengendalikan para sapi. Ia berkali-kali jatuh di titik awal dan menghibur warga yang menonton. Meski tidak jauh, Gordon akhirnya berhasil melakukan pacu jawi.

6. Hari-hari selanjutnya, Gordon Ramsay pergi ke mengumpulkan bahan seafood.

Foto: Istimewa

Bersama pemandu barunya, Rusti, Gordon mencari ikan dan tangkapan laut untuk hidangan pertandingannya. Ia pun pergi ke tengah laut menggunakan kapal penangkap ikan. Sesampainya di kapal, kapten kapal memberi misi untuk memasang jaring di sudut-sudut kapal. Nantinya, ikan yang berhasil ditangkap setelah 3-4 hari akan dikirimkan ke Gordon. Juru masak yang dikenal dengan temperamennya ini kesulitan menyeimbangkan diri saat berjalan di cadik dan akhirnya terjatuh!

7. Bersama master rendang muda, Katuju, juru masak selebritas ini blusukan ke pasar tradisional dan bikin pasta rendang bersama penjual bumbu halus di sana.

Foto: Istimewa

Setelah mengumpulkan bahan-bahan makanan laut, Gordon pergi ke pasar tradisional. Di salah satu kios di tengah pasar, pria yang telah menikah sejak 1996 ini berusaha keras buat ngulek bumbu-bumbu untuk pasta rendangnya. Kayaknya, ini pertama kalinya Gordon memakai cobek dan ulekan tradisional. 

8. Hari terakhir pun tiba. Waktunya menyajikan hidangan untuk keluarga Pak Gubernur! Seperti apa rendang versi Gordon Ramsay?

Foto: Istimewa

Saat mereka sedang asyik memasak, tiba-tiba turun hujan sesaat. Karena nggak ada payung, mereka pun payungan pakai panci. Chef William Wongso memasak rendang dengan cara tradisional, yakni dimasak selama lebih dari 8 jam. Nah, rendang a la Gordon Ramsay dibuat menggunakan daging tenderloin. Ia menggabungkan daging tersebut dengan pasta rendang yang sudah dimasak hingga 3 jam sebelumnya. Chef William bilang, rendang versi Gordon ada di antara tahap kalio dan rendang. Di tahap kalio, daging sangat creamy, lembut, dan halus.

Lewat episode khusus Indonesia ini, kebudayaan dan makanan Indonesia semakin terekspos ke mancanegara. Bangga banget kan gaes?




Chef Ramsayrendangindonesia

Share to: