Seniman Takashi Murakami Terancam Bangkrut akibat Pandemi COVID19

Seniman Takashi Murakami Terancam Bangkrut akibat Pandemi COVID19

Seniman Takashi Murakami Terancam Bangkrut akibat Pandemi COVID19

Takashi Pom (Foto: Instagram)


Ternyata gak cuma pekerja di dalam negeri aja gaes yang kena imbas dari Covid 19. Seniman asal Jepang, Takashi Murakami dikabarkan berada di ambang kebangkrutan karena imbas COVID-19.

Dalam sebuah video yang diunggah di Instagram, seniman kontemporer kelahiran 1962 itu mengatakan kepada dua juta penggemarnya ia punya kisah memilukan.

Dalam video tersebut, Takashi Murakami terlihat sedang berada di dalam studionya dengan beberapa staf dari Kaikai Kiki. Video tersebut pun terlihat direkam sebulan yang lalu pada bulan Mei kemarin, di sini Takashi Murakami juga menceritakan bahwa pandemi COVID-19 dan kerugian finansial yang signifikan harus menghentikan beberapa proyek yang ia kerjakan untuk tahun ini.

Salah satunya adalah proyek besar berupa karya film bertajuk “Jellyfish Eyes Pt. 2” yang telah digarap selama sembilan tahun dan merupakan sekuel dari “Jellyfish Eyes” yang rilis tahun 2013 silam. 

Selain itu, Film fiksi ilmiah beranggaran besar yang dibuat sejak sebulan lalu juga diduga menjadi penyebab kesengsaraan keuangan Murakami. Perusahaan dan galeri seni Kaikai Kiki menghadapi kebangkrutan. 

Melalui video tersebut, Takashi Murakami menjelaskan secara kronologis mengenai proyek film “Jellyfish” ini. Ia juga berencana untuk merilis sebuah dokumenter yang menceritakan proses behind the scenes guna memotivasi dan menasihati para seniman muda yang ingin melanjutkan karier mereka ke depannya.

Meski produksi harus dihentikan dan ia kurang merasa puas akan progres proyek film tersebut, Takashi Murakami umumkan pada akhir videonya bahwa ia kemungkinan akan melanjutkan dengan tahapan editing “Jellyfish Eyes Pt.2”.




Seniman JepangTakashi Murakami

Share to: