Wajib Tonton! 5 Film Inspiratif Tentang Bullying, Dijamin Bakal Bikin Sadar Kenyataan Pahit Soal Bullying

Wajib Tonton! 5 Film Inspiratif Tentang Bullying, Dijamin Bakal Bikin Sadar Kenyataan Pahit Soal Bullying

Foto

Film tentang bullying (Foto: dok. Istimewa)


Kasus bullying kini jadi perhatian khusus. Entah itu secara verbal, non verbal, atau bahkan melalui dunia maya, bullying akan memberikan dampak negatif bagi korban, bahkan berpengaruh besar dalam kehidupannya. Tak sedikit juga yang sampai bunuh diri karena bullying. 

Sering disamarkan dengan bercanda atau bergurau, secara tak sadar banyak di antara kita yang mungkin saja telah menjadi pelaku perundungan. Padahal, hal ini dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang yang menjadi korban penindasan.

Atas dasar hal inilah beberapa sineas ini mencoba memberikan edukasi sekaligus berkarya melalui film dengan mengangkat tema bullying, terutama yang kerap terjadi di kalangan remaja. Harapannya, kasus bullying tidak terjadi lagi dan kita bisa belajar untuk menghargai orang serta memetik pesan moral melalui film yang disajikan.

Ini dia nih  film inspiratif yang akan mengajarkan tentang bahayanya bullying, sekaligus memberikan pesan moral agar kita mampu memperlakukan orang lain dengan lebih baik. Apa saja?

1. A Girl Like Her

Film ini menceritakan tentang seorang pem-bully yang merasa tak bersalah atas apa yang ia lakukan hingga membuat temannya depresi.

"A Girl Like Her" sendiri sebenarnya berangkat dari ribuan kisah bullying yang sering terjadi di banyak sekolah SMA di Amerika Serikat. Film ini memberikan pesan bahwa kita secara tak sadar telah melakukan tindak pembullyan yang menyebabkan orang lain terluka.

2. Unfriended

Diproduksi pada tahun 2014, ksah "Unfriended" berawal dengan munculnya akun misterius "Billie227" yang mengaku bernama Laura, korban bully yang tewas bunuh diri setahun sebelumnya.

"Unfriended" sendiri cukup unik lantaran mengangkat tema tentang perundungan dengan balutan misteri. Film ini memberikan pesan bahwa pelaku pembullyan tak bisa lari dari tanggung jawab setelah menghancurkan hidup korbannya.

3. Cyberbully

Sesuai dengan judulnya, "Cyberbully" mengangkat tema tentang cyberbullying alias perundungan lewat dunia maya. Film yang dibintangi oleh si cantik Maisie Williams ini memberi gambaran kepada kita bahwa hanya dengan satu kalimat tertera di dunia maya saja bisa menyebabkan seseorang depresi bahkan bunuh diri.

"Cyberbully" berkisah tentang Casey (Maisie Williams) yang sedang melakukan video call via Skype bersama sahabatnya, Megan (Ella Purnell). Mereka terkejut dengan melihat tweet dari mantan Casey, Nathan, yang membeberkan keburukan Casey.

Tak terima dengan itu, Casey menghubungi seorang hacker bernama Alex untuk meretas akun Nathan. Namun hal janggal terjadi ketika ia mendapat balasan yang ternyata bukan dari Alex, melainkan seorang hacker tak dikenal melakukan aksinya dengan menyebarkan semua keburukan Casey dan hal-hal memalukan yang pernah Casey lakukan.

4. Bang Bang You're Dead

Film yang tayang pada tahun 2002 ini bercerita tentang Trevor Adams yang diperankan oleh Ben Foster, seorang siswa SMA yang sebenarnya cerdas dan teladan. Namun semua orang memandangnya dengan pandangan aneh dan membullynya secara ekstrem, termasuk sahabatnya sendiri.

"Bang Bang You're Dead" memberikan pesan bahwa terkadang tindak pembullyan justru akan berbalik pada pelaku bully itu sendiri dengan cara yang lebih ekstrem.

5. Odd Girl Out

"Odd Girl Out" bisa dibilang mengangkat isu bully yang sangat kental bahkan mungkin menyakitkan. Film ini menceritakan saat sahabat-sahabatmu yang tadinya selalu berdiri bersamamu perlahan-lahan mulai menjauh darimu, bahkan memusuhimu hanya karena masalah percintaan.

Film ini memberikan pelajaran dari sudut pandang korban pembullyan. Bagaimana dampak perundungan yang ia terima membuatnya begitu tertekan hingga ingin mengakhiri hidupnya.




Film BullyingBullyMovieRekomendasi Film

Share to: