Rieke Diah Pitaloka Dicopot dari Wakil Ketua Baleg DPR, Kenapa Ya? Cek Faktanya!

Rieke Diah Pitaloka Dicopot dari Wakil Ketua Baleg DPR, Kenapa Ya? Cek Faktanya!

Rieke Diah Pitaloka Dicopot dari Wakil Ketua Baleg DPR, Kenapa Ya? Cek Faktanya!

Rieke Diah Pitaloka (Foto: dok Istimewa)


Aktris sekaligus politisi Rieke Diah Pitaloka baru saja dicopot dari jabatannya sebagai Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR oleh partai yang menaunginya PDI Perjuangan. Hal ini pun sontak menuai pertanyaan dari netizen. Apa ya yang sebenarnya terjadi?

Ketua Fraksi PDIP DPR RI Utut Adianto mengatakan pencopotan itu diketahui bukan semata-mata hanya rotasi biasa. Namun, guna untuk mengisi baleg dengan orang-orang yang berpengalaman karena akan mendapat tugas berat di kemudian hari.

"Kemarin fraksi meluncurkan surat ke kesekretariatan jenderal tentu ke baleg yang isinya pergantian pimpinan baleg kami, yaitu wakil ketua baleg dari Rieke Diah Pitaloka kepada Bapam Komjen Purn Moh Nurdin," kata Utut 

"Pergantian ini tentu bukan semata-mata untuk penyegaran atau rotasi biasa. Kita tahu bahwa dalam waktu dekat baleg akan penuh dengan tugas-tugas berat kalau kita lihat omnibus law sudah mendekati titik-titik yang krusial. Selain omnibus, juga ada RUU HIP Pak Komjen Nurdin dengan latar belakang polisi yang tentu sangat paham beliau pernah jadi kapolda 2 kali tugas utamanya mengawal itu," tambahnya.

Utut pun menapresiasi Rieke karena sudah bertugas dan berjuang habis-habisan. Posisi Rieke kini digantikan anggota komisi III DPR yang merupakan Legislator asal dapil Jawa Barat dan Purnawirawan Jenderal Polri, M Nurdin. 

"Kita memberikan apresiasi yang setinggi-setingginya kepada Mbak Rieke Diah Pitaloka. Dia sudah berjuang habis-habisan. Tetapi ini tahapannya ganti orang yang mungkin lebih untuk mengawal hal-hal seperti ini," kata Utut

Perlu diketahui nih gaes, Meski dicopot dari jabatan pimpinan baleg, Rieke Diah Pitaloka tetap menjadi anggota DPR periode 2019-2024.




Rieke Diah PitalokaDPRBalegPDI Perjuangan

Share to: