10 Sumber Belajar dari Rumah Sesuai Anjuran Mendikbud Nadiem Makarim: Dari E-Learning sampai Video Unik

10 Sumber Belajar dari Rumah Sesuai Anjuran Mendikbud Nadiem Makarim: Dari E-Learning sampai Video Unik

Foto

ilustrasi (Foto: Pixabay)


Karena pandemi virus corona, saat ini semua proses belajar mengajar harus dilaksanakan secara online di rumah.

Oleh karena itu, Mendikbud Nadiem Makarim memberikan beberapa sumber yang bisa digunakan para siswa untuk belajar di rumah.

Sumber ni bisa diakses lewat internet secara gratis atau berbayar untuk kualitas yang lebih baik.

1. Rumah Belajar 

Rumah Belajar adalah portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Sumber pembelajaran ini dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat.

Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis.

2. Televisi Edukasi

Televisi Edukasi memuat materi bermuatan pendidikan juga bisa diakses secara daring.

3. Cisco Webex Meeting 

Tatap muka secara daring untuk program sapa duta rumah belajar juga bisa diikuti dengan membuka link berikut ini. Syaratnya harus punya room ID dulu ya gaes.

4. seTARA 

seTARA adalah pembelajaran daring berbasis aplikasi. seTARA merupakan sebuah learning management system untuk pembelajaran jarak jauh untuk pendidikan kesetaraan.

5. Suara Edukasi 

Buat kamu yang ingin belajar santai, ada juga loh pembelajaran dengan podcast. Ini juga disediakan oleh Kemdikbud yang bisa diakses di Suara Edukasi.

6. Aksi Bahasa

Nah, ini adalah pilihan yang baik untuk belajar secara offline. Aksi Bahasa menyediakan materi baca untuk siswa yang bisa diunduh dan dibaca kapanpun secara offline.

7. Buku Sekolah Elektronik Kemdikbud 

Buku-buku pun sekarang juga sudah banyak yang memiliki bentuk PDF yang bisa diunduh legal langsung dari situs penyedianya yaitu BSE Kemdikbud

8. EPerpusdikbud 

EPerpusdikbud adalah perpustakaan onlie Kemendikbud yang berbasis aplikasi. Kamu bisa menginstalnya di smarphone gaes.

9. Jurnal Daring

Jurnal-jurnal yang lengkap untukmu yang sekadar ingin menambah wawasan atau rujukan penelitian bisa juga didapatkan melalui situs Jurnal Daring.

10. Sahabat Keluarga

Gak hanya utuk siswa, Kemdikbud juga sediakan materi untuk pendidikan pengasuhan yang bisa diterapkan oleh orang tua di Sahabat Keluarga.




Mendikbud Nadiem MakarimSumber Belajar dari Rumah

Share to: