Konspirasi Ledakan Beirut, The Simpsons Prediksi, Ulah Israel hingga Pakar Nuklir Buka Suara

Konspirasi Ledakan Beirut, The Simpsons Prediksi, Ulah Israel hingga Pakar Nuklir Buka Suara

Konspirasi Ledakan Beirut, The Simpsons Prediksi, Ulah Israel hingga Pakar Nuklir Buka Suara

Teori Konspirasi Ledakan di Beirut, Libanon (Foto: TikTok)


Kabar ledakan di Beirut, Lebanon kini tengah jadi perbincangan publik. Dari rekaman yang beredar, terlihat munculnya awan jamur membumbung ke angkasa seperti ada bom nuklir.

Pemerintah setempat menyebut ledakan tersebut terjadi karena terbakarnya gudang yang menyimpan zat kimia amonium nitrat. Zat ini disebut-sebut menjadi biang kerok terjadinya ledakan besar di Beirut. Namun, sampai saat ini masih banyak kabar simpang siur terkait ledakan besar tersebut. 

BACA JUGA: Bukan Bom, Ini Asal Ledakan di Beirut Lebanon, Bahan Kimia Amonium Nitrat

Netizen yang penasaran sebab musabab ledakan itupun langsung mencari tahu dan menyebar teori konspirasi Ledakan Beirut lewat sosial media. 

Ada yang menduga ledakan itu dipicu oleh bom nuklir dari pemerintah Israel. Gudang bahan peledak milik Hizbullah inilah sasaran utamanya, karena kabarnya ormas paramiliter Syiah memang punya basis operasi besar di Libanon. 

Mau tau lebih lanjut gimana teori konspirasinya? Simak ulasan berikut ini gaes.

Prediksi The Simpsons

Salah satu teori konspirasi yang muncul terkait ledakan Beirut adalah prediksi The Simpsons. Kartun komedi Amerika Serikat ini diciptakan Matt Groening pada 1987. Sejak pertama kali tayang, Kartun The Simpsons memang dipercaya sudah meramalkan beberapa kejadian dan benar-benar terjadi, salah satunya adalah ledakan besar di Libanon selasa kemarin. 

Banyak video beredar yang menyatakan bahwa di salah satu episode The Simpsons terlihat sebuah ramalan yang benar-benar terjadi sekarang. Video itu memperlihatkan ledakan besar karena kecerobohan salah satu tokoh The Simpsons yang bermain dengan petasan. 

Namun, ternyata potongan episode The Simpsons tersebut hanyalah editan. Video itu ternyata diambil dari dua episode berbeda yang digabungkan, jadi menyerupai kondisi dan situasi yang kini terjadi di Libanon.

BACA JUGA: Detik-detik Bom Beirut Lebanon Meledak, Dahsyat Mirip Bom Nuklir Gaes!

Warga Lebanon Sebut Ulah Israel

Selain teori konspirasi The Simpsons, ada juga yang menganggap ledakan ini adalah ulah Israel. Hal ini diungkapkan oleh akun TikTok bernama @Alinezad pada Rabu, 5 Agustus 2020. 

Ali menyebut informasi ini didapatkan langsung dari teman-temannya yang tinggal di Libanon. Menurut mereka, ledakan ini sangat keras bahkan sampai guncangannya terasa seperti gempa bumi. 

Teman-teman Ali yang berada di Libanon pun mengungkap bahwa kejadian ini tak murni hanya karena kebakaran gudang kembang api saja. Melainkan ada ulah Israel di dalamnya. Ali juga mendapat sebuah bukti video dari temannya. Dalam video ini, terlihat sebuah roket yang menghantam pabrik tersebut. Setelah itu ledakan besarpun terjadi. 

BACA JUGA: Detik-detik Ledakan Bom Beirut, Tewaskan 73 Orang hingga Bikin Pacar CR7 Menangis

Reaksi Pakar Nuklir

Tak sedikit netizen yang mengira ledakan ini juga terjadi akibat bom nuklir. Pasalnya, dalam ledakan itu terlihat awan menyerupai jamur yang khas seperti sebuah bom nuklir. Pelabuhan dan sekitarnya pun langsung porak poranda. Ledakan ini juga terasa oleh warga yang berada di lokasi yang cukup jauh. Bahkan, mereka mengira ini adalah gempa bumi. 

Hal tersebut mengundang reaksi para pakar nuklir. Berbeda dari teori di atas, para pakar menyebut ledakan di Beirut bukan efek dari bom nuklir. Hal itu dilihat dari tak terlihatnya tanda-tanda proses pelepasan radiasi sama sekali.

“Jelas bukan nuklir. Ledakan di Beirut tak ada seujung kukunya dari efek bom nuklir kecil,” kata Jeffrey Lewis, Direktur Middlebury Institute of International Studies yang rutin mengkaji proses pelucutan nuklir di berbagai negara.

Lewis juga menyebut bahwa awan jamur yang membumbung tinggi seperti di Beirut bukanlah awal dari reaksi ledakan nuklir. Seperti misalnya kilang minyak di Texas yang meledak pada 2008 juga menghasilkan awan jamur. 

“Selain itu, proses ledakan nuklir tidak diawali dengan asap membumbung seperti di Beirut, sebagaimana kita saksikan dari rekaman amatir di media sosial,” kata Lewis.




Teori Konspirasi Ledakan BeirutThe simpsons ramalkan ledakan BeirutLedakan Beirut ulah IsraelIsrael kirim nuklir ke BeirutKata pakar nuklir soal ledakan BeirutSebab-sebab ledakan Beirut

Share to: