Toshiba Enggak Akan Lagi Produksi Laptop, Kenapa Ya?

Toshiba Enggak Akan Lagi Produksi Laptop, Kenapa Ya?

Toshiba Enggak Akan Lagi Produksi Laptop, Kenapa Ya?

Laptop Toshiba (Foto: dok. Istimewa)


Siapa yang masih pakai laptop Toshiba? Nah kabar terbaru dari perusahaan ini adalah mereka tidak akan lagi memproduksi laptop gaes. Kira-kira apa alasannya ya? 

Selama bertahun-tahun Toshiba menjadi salah satu merek besar yang memproduksi berbagai alat-alat elektronik, salah satunya adalah laptop. Bahkan seluruh dunia tahu mengenai keberadaan merek ini. 

BACA JUGA: Jarang Tersorot, 6 Foto Kakak Rey Mbayang Ini Curi Perhatian, Namanya Ninie Mbayang

Lalu kabar mengejutkan pun datang dari Toshiba bahwa mereka telah secara resmi menyatakan tak akan lagi memproduksi laptop untuk dipasarkan.

Berita ini pun mengejutkan para pengguna laptop Toshiba. Pasalnya, laptop-laptop yang diproduksi oleh Toshiba ini dikenal memiliki kualitas yang bagus dan digunakan oleh publik dalam berbagai kebutuhan. Mulai dari sekedar untuk pekerjaan harian seperti mengetik, hingga aktivitas berat seperti programing dan juga gaming.

Toshiba pertama kali memulai sepak terjangnya di dunia laptop pada tahun 1985 dengan memperkenalkan Toshiba T1100. T1100 dianggap menjadi pionir standar untuk PC selama kurang lebih dua dekade karena memiliki fitur-fitur dasar yang mendukung.

Adapun fitur dasar yang dimaksud pada produk tersebut antara lain layar LCD, drive floppy disk 3,5 inci, dan juga termasuk baterai isi ulang internal. Lengkap banget ya gaes. 

BACA JUGA: Teori Fans soal Drama It's Okay to Not Be Okay Season 2, Bahas Do Hui Jae sampai Spoiler

Walaupun di era sekarang laptop tersebut termasuk laptop kuno, namun di era tersebut produk Toshiba yang satu ini dinilai sukses dalam perjalanan sejarah komputer di dunia.

Namun cerita dibalik peluncuran laptop tersebut tidaklah mulu. Berbagai kendala pun  dialami oleh Toshiba. Salah satunya adalah kurangnya pembiayaan hingga drive floppy disk yang terlalu kecil untuk menjalankan perangkat lunak apapun.

Akhirnya setelah bertahun-tahun berkarya dalam dunia laptop, Toshiba secara resmi mengumumkan bahwa mereka menutup bisnis produksi laptop. Bukan merupakan keputusan yang baru saja diambil, langkah ini sebenarnya telah dilakukan Toshiba sejak beberapa tahun sebelumnya bahwa mereka akan memutuskan mundur perlahan dari bisnis laptop.

Hal itu dilakukan lantaran mereka telah mengalihkan sisa saham dan bisnis komputer pribadi kepada Sharp, salah satu raksasa elektronik juga asal Osaka, Jepang.

Pada tahun 2018, Sharp telah berhasil membeli sebanyak 80,1 persen saham yang dimiliki oleh Toshiba dalam bidang laptop. Itu artinya, lebih dari setengah dari saham bisnis laptop yang dimiliki Toshiba sejak saat itu telah berpindah tangan secara resmi.

Sharp juga telah menyelesaikan haknya dalam membeli saham yang dimiliki oleh laptop Toshiba secara penuh. Mereka pun mengganti nama brand Toshiba menjadi Dynabook. Kini secara resmi Dynabook telah menjadi anak perusahaan dari Sharp itu sendiri.

Era tahun 90-an memang bisa dibilang menjadi era keemasan dan kejayaan laptop Toshiba. Pada saat itu mereka dengan berhasil dan sukses menguasai pasar laptop di seluruh dunia sebelum akhirnya perusahaan lain seperti Lenovo, Dell, HP, dan juga Apple mengeluarkan produk yang dinilai lebih baik dari berbagai aspek.

Salah satu alasannya adalah saat itu Toshiba memproduksi laptop dengan ukuran besar, sehingga sangat susah dan tidak praktis untuk dibawa ke mana-mana.

Nah, tenang gaes, ini bukan akhir dari perjalanan Toshiba. Mereka tetap memproduksi berbagai macam benda-benda elektronik lainnya yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat luas.

Hanya saja saat ini Toshiba memang sudah tak lagi memproduksi laptop karena hak kepemilikan sahamnya telah secara penuh dan resmi dimiliki oleh perusahaan tetangganya, yaitu Sharp.

BACA JUGA: Tretan Muslim: Gabungan YouTube's Got Talent Masih Kalah sama Lesti & Rizky Billar di Tren




laptop toshiba bangkruttoshiba stop produksi laptoptoshiba tidak akan produksi laptop lagi

Share to: