Kisah Megawati Soekarnoputri Pernah Tinggal di Kapal Perang: Konflik Maluku & Halmahera

Kisah Megawati Soekarnoputri Pernah Tinggal di Kapal Perang: Konflik Maluku & Halmahera

Kisah Megawati Soekarnoputri Pernah Tinggal di Kapal Perang: Konflik Maluku & Halmahera

Megawati (Foto: dok. Istimewa)


Ternyata gaes, seorang presiden wanita pertama di Indonesia yaitu Megawati membagikan kisa saat dirinya harus tinggal di kapal perang karena konflik Maluku dan Halmahera. Yuk kita intip kisahnya. 

Hari kemerdekaan telah berlalu namun masih sangat terasa bagaimana Indonesia tahun ini merayakan kemerdekaan yang berbeda dari biasanya. Tidak ada perayaan yang mewah dikarenakan pandemi corona.

BACA JUGA: Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Dibacakan Soekarno

Walaupun begitu, semangat juang untuk pulih dari corona masih dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Bahkan Presiden Jokowi tetap menggelar upacara kemerdekaan ditengah pandemi ini.

Nah gaes, ada cerita menari dari ibu Megawati Soekarnoputri. Megawati sempat menceritakan peristiwa yang tak terlupakan dalam hidupnya dalam peringatan HUT RI ke-75 lewat daring di YouTube Sekretariat Presiden, Senin 17 Agustus 2020.

Presiden RI periode 2001-2004 itu mengingat kembali momen saat ia harus tinggal di atas kapal perang selama sekitar dua minggu. 

BACA JUGA: YouTuber Ini Bikin Vlog di Gaza Palestina, Pamerkan Mural HUT RI ke-75 Viral

Pengalaman tak terlupakan

Megawati bercerita bagaimana dirinya tidak pernah melupakan konflik yang ada di Maluku dan sekitarnya. Dirinya harus merasakan dinginnya menginap di kapal perang selama konflik tersebut. 

"Yang tidak pernah terlupakan oleh saya, ketika terjadi konflik di Maluku dan sekitarnya," kata Megawati Soekarnoputri. 

Menginap selama 2 minggu

Saking gentingnya situasi di daratan Maluku dan sekitarnya, Megawati mengatakan oleh bagian keamanan, dia tidak boleh tinggal di daratan.

"Maka saya tinggal di kapal perang. Hampir dua minggu saya menggunakan kapal perang itu sebagai tempat tinggal," katanya.

Tangga yang berbeda

Salah satu yang menjadi perhatian Megawati Soekarnoputri saat tinggal di kapal perang itu adalah bentuk tangganya.

"Ternyata bentuk tangganya tidak seperti kapal-kapal penumpang atau komersial. Tangganya itu tegak lurus. Jadi bayangkan saya sebagai perempuan kalau mau naik turun harus menggunakan tangga yang tegak lurus itu." kata Megawati. 

Pesan untuk generasi muda

Megawati pun tetap melanjutkan pesannya bagi generasi muda. dirinya mengatakan jika generasi muda harus punya keyakinan dan harapan. 

"Sebaiknya kita, apalagi generasi muda, harus punya keyakinan dan harapan. Segala sesuatu di-manage dengan baik," ujar Megawati. 

BACA JUGA: Jarang Tahu, 7 Pahlawan Kemerdekaan ini Gugur di Usia Muda Gaes




megawati pengalaman tak terlupakanmengawati menginap di kapal perangmegawati dan konflik maluku

Share to: