Kenapa Masker yang Sudah Ditarik ke Dagu Wajib Ganti? Ini Kata Dokter Reisa Broto

Kenapa Masker yang Sudah Ditarik ke Dagu Wajib Ganti? Ini Kata Dokter Reisa Broto

Foto

Reisa Broto (Foto: dok. Istimewa)


Nah gaes, baru-baru ini ada informasi jika masker yang ditarik ke dagu wajib diganti. Nah kira-kira kenapa ya gaes? Yuk simak penjelasan dari dokter Reisa Broto. 

Pandemi corona membuat semua orang sekarang diwajibkan memakai masker. Bahkan jenis maskernya pun sudah ditentukan dan yang paling dianjurkan adalah masker 3 lapis. 

BACA JUGA: 7 Potret Terbaru Dokter Reisa Broto saat Jadi Jubir COVID19, Tetap Social Distancing

Nah gaes, salah satu Duta Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dr Reisa Broto Asmoro menjawab pertanyaan publik soal mengenai penggunaan masker. Nah kali ini pertanyaan datang dari YouTuber VJ Laissti 

"Kalau misalnya lagi istirahat masker disimpan di dagu. Kan kalau dipakai terus engap. Nah ini biar kita sigap kalau ada orang lain langsung dipakai. Mohon pencerahan ya, Dok," tanya Laissti. 

Nah gaes, menanggapi pertanyaan tersebut dr Reisa mengatakan jika masker ditarik sampai ke dagu, masker tersebut harus diganti. 

BACA JUGA: 5 Seleb Ini Dapat Gelar Bangsawan Setelah Menikah, Ada dr Reisa Broto Lho

"Kalau gitu sebaiknya maskernya langsung diganti ya. Kalau udah kena dagu otomatis kan sudah terkontaminasi, sudah nggak bersih lagi maskernya," kata Reisa. 

Nah, hal ini dikarenakan masker tersebut sudah terkontaminasi virus dan bakteri. Apalagi virus corona itu kan ukurannya ultra kecil alias tak terlihat mata. 

"Jadi kalau kita sudah beraktivitas di luar rumah dan sudah pakai masker ke mana-mana, sudah banyak virus dan kuman yang nempel di badan kita terutama di bagian leher dan dagu kita," ungkap dia.

Kuman yang ada di area leher akan dibawa ke area yang rentan, hal ini yang membuat dr Reisa menyarankan jangan menurunkan masker tersebut. 

"Jadi kalau ditarik ke bawah justru membawa kuman yang dari area leher ke area yang rentan seperti hidung dan mulut. Nah malah terkontaminasi. Jadi sebaiknya jangan naik turunkan masker ya," tutupnya.

BACA JUGA: Jadi Jubir COVID-19, Intip 7 Potret Memesona Dokter Reisa Broto Asmoro




penjelasan masker dari dr reisamasker ditarik ke dagu wajib digantimasker wajib ganti jika ditarik ke dagu

Share to: