Viral Video Pendaki Petik Bunga Edelweiss di Gunung Buthak, Akibatnya?

Viral Video Pendaki Petik Bunga Edelweiss di Gunung Buthak, Akibatnya?

Viral Video Pendaki Petik Bunga Edelweiss di Gunung Buthak, Akibatnya?

Edelweiss (Foto: Pexels)


Baru-baru ini viral video pendaki yang memetik bunga edelweiss di Gunung Buthak, Jawa Timur. Padahal memetik bunga Edelweiss adalah salah satu hal yang tak boleh dilakukan oleh para pendaki. 

BACA JUGA: Viral, Pria Ini Bawa Setumpukan Sisa Sampah Para Pendaki dari Atas Gunung, Bikin Salut!

Video ini pertama kali diunggah leh pendaki bernama Agus Kurniawan. Iapun menceritakan bagaimana kejadian tersebut berawal. Saat itu ia memergoki sekelompok pendaki yang memetik edelweiss. 

"Kejadiannya pada Minggu 30 Agustus 2020, sekitar jam 09.30. Waktu itu saya dari tempat ngecamp mau ke arah puncak," ujar Agus. 

"Setengah perjalanan kami menjumpai beberapa rombongan yang kami dapati sedang membawa pohon edelweiss dan bunganya," tambahnya lagi. 

BACA JUGA: Viral Foto Pendaki Muda Telanjang Sebelum Tewas di Gunung Lawu, Hipotermia?

Dalam video yang diunggah Agus, nampak pria dan beberapa wanita membawa beberapa bunga edelweiss. Aguspun langsung menegur tiga orang pendaki tersebut dan memberitahu bahwa edelweiss tak boleh dipetik. 

"Seketika kami tegur, supaya tidak dicontoh oleh pendaki lainnya. Dan bunganya langsung ditaruh di bawah seperti yang ada di video saya. Orang-orangnya juga paham akhirnya," jelas Agus. 

Sayangnya, saat Agus kembali dari puncak, ia tak menemukan lagi bunga yang dipetik tersebut. Ia juga mengaku tak tahu kemana bunga itu hilang. 

Perlu diketahui nih gaes, ada salah satu aturan yang melindungi keberadaan edelweiss yang bisa dilihat dalam Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 Pasal 33 ayat (1) dan (2) tentang Konservasi Sumber Daya Hayati dan Ekosistemnya. 

Pada Ayat (1) menyebutkan "Setiap orang dilarang melakukan kegiatan yang dapat mengakibatkan perubahan terhadap keutuhan zona inti taman Nasional. 

Sedangkan pada Ayat (2) menyebutkan Perubahan terhadap keutuhan zona inti taman nasional sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) meliputi mengurangi, menghilangkan fungsi dan luas zona inti taman nasional, serta menambah jenis tumbuhan dan satwa lain yang tidak asli. 




Viral Video Pendaki Petik Bunga EdelweissPendaki petik bunga edelweissBunga edelweiss

Share to: