Milenial Wajib Tahu, Etika dan Cara Aman Cover Lagu di YouTube

Milenial Wajib Tahu, Etika dan Cara Aman Cover Lagu di YouTube

Milenial Wajib Tahu, Etika dan Cara Aman Cover Lagu di YouTube

Cover lagu (Foto: Pexels)


Buat milenial yang suka cover lagu di YouTube wajib tahu banget nih! Ada etika dan cara aman untuk cover lagu di YouTube. Pantengin terus ya gaes.

Kini, cover lagu di media sosial tengah menjadi polemik. Pasalya, mengcover lagu tanpa ijin bisa terancam penjara dan denda ratusan juta rupiah lho gaes. 

BACA JUGA: Milenial Wajib Tahu, 5 Istilah Khas TikTok yang Harus Kamu Hafalin! Biar Makin Khatam Jadi Anak Gaul

Beberapa musisi berpendapat bahwa cover lagu boleh saja dilakukan yang penting sebelumnya ijin terlebih dahulu. Namun, ada juga yang membebaskan masyarakat mengcover lagu tanpa ijin. 

Nah sebenarnya seperti apa sih etika dan cara aman cover lagu di YouTube biar gak melanggar aturan? Ini dia nih yang harus milenial ketahui. 

1. Mengurus perizinan

Karena konsep cover itu seperti meminjam karya orang, jadi baiknya sebelum melakukan itu harus mengurus izin kepada penyanyi yang punya karya tersebut. 

Meski prosesnya tak mudah, memakan waktu dan biaya, kamu harus lakukan agar nantinya kamu tak melanggar hak cipta. Gak cuma ijin kepada musisi atau penyanyi yang punya karya, kamu juga harus ijin ke label yang menaungi mereka. 

2. Jangan sembarangan mengunggah

Sebelum mengunggah, kamu harus mengetahui siapa penyanyi yang membawakan lagu yang akan kamu cover. Karena ini adalah karya orang lain, maka jangan sembarangan mengunggah sebelum ijin. 

BACA JUGA: Milenial Wajib Tahu! Ini Panduan Memilih Sepeda Lipat Sesuai Kebutuhan, Jangan Asal Ikutin Trend ya Gaes!

3. Credit di judul dan deskripsi video

Kalau sudah memutuskan untuk mengupload video ke YouTube, jangan lupa mencantumkan credit di judul dan deskripsi Video gaes. Hal ini sangat penting buat kamu lakukan, karena ini salah satu bentuk mengapresiasi karya musisi aslinya. 

4. Bukan kepentingan komersial

Nah ini juga penting gaes. Jangan mengcover lagu untuk kepentingan komersial sebelum kamu punya izin dari empunya lagu asli tersebut dan menandatangani pembagian royalti.

5. Dimasukkan ke aplikasi streaming musik digital? NO WAY

Lagu cover baiknya juga gak dimasukkan ke aplikasi streaming musik digital gaes. Karena jika kamu merilis lagu cover ke aplikasi streaming seperti ini, bisa saja lagu yang kamu cover mendapatkan keuntungan lebih banyak dari lagu aslinya. 

BACA JUGA: Milenial Wajib Tahu, 5 Trik Foto di Rumah dengan Hasil Aesthetic, Banyak Dipakai Selebgram Lho




tips cover laguetika cover lagucover lagucara aman cover laguwajib tahu

Share to: