Viral NASA Temukan Harta Karun Seharga Rp 136 Kuadriliun, Hoaks Atau Fakta?

Viral NASA Temuakan Harta Karun Seharga Rp 136 Kuadriliun (Foto: Arizona State University)

NASA dikabarkan baru saja menemukan harta karun dengan harga yang sangat mahal yakni US$10.000 kuadriliun atau setara Rp 136.000.000 kuadriliun gaes!

Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA telah menemukan asteroid langka, berat, dan sangat berharga yang disebut "16 Psyche." Benda itu ditemukan di sabuk asteroid utama Tata Surya di antara Mars dan Jupiter.

Asteroid Psyche terletak sekitar 230 juta mil (370 juta kilometer) dari Bumi dan berukuran 140 mil (226 kilometer), seukuran Virginia Barat.

Apa isimewanya Asteroid Psyche?

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Planetary Science Journal, Psyche hampir seluruhnya terbuat dari logam, seperti inti Bumi. Hal ini tidak seperti kebanyakan asteroid yang berbatu atau es.

Baca Juga: Penasaran Enggak Sih? Abu Kematian Freddie Mercury Tak Terungkap Hingga Kini, Hanya Mary Austin

"Kami telah melihat meteorit yang sebagian besar terbuat dari logam, tetapi Psyche bisa jadi unik karena mungkin asteroid itu benar-benar terbuat dari besi dan nikel," kata Tracy Becker, salah satu penulis studi dan ilmuwan planet di Southwest Research Institut di San Antonio, Texas.

Mengingat ukuran asteroid, kandungan logamnya bisa bernilai $ 10.000 kuadriliun ($ 10.000.000.000.000.000.000) atau sekitar Rp 136 Kuadriliun lho gaes!

Psyche adalah target dari NASA Discovery Mission Psyche, diharapkan akan diluncurkan pada tahun 2022 di atas roket SpaceX Falcon Heavy.

Fakta lebih lanjut tentang asteroid ini, termasuk kandungan loganya diharapkan akan terungkap ketika sebuah wahana yang mengorbit tiba pada awal 2026 mendatang.

Bagaimana Asteroid Psyche bisa terbentuk?

Asteroid Psyche diyakini sebagai inti mati yang ditinggalkan oleh sebuah planet yang gagal selama pembentukannya di awal kehidupan Tata Surya.

Hal lain yang memungkinkan adalah asteroid ini terbentuk akibat dari banyak tabrakan hebat di masa lalu.

“Singkatnya menjadi Bintang Kematian… satu kemungkinan lainnya adalah bahwa itu adalah materi yang terbentuk sangat dekat dengan Matahari di awal Tata Surya,” kata Elkins-Tanton kepada Forbes.

Baca Juga: Seller Tokopedia Ini Ngaku Jual PlayStation 5 Pro Rp 20 juta, Auto Diserbu Netizen

Penasaran dengan fakta lainnya tetang harta karun yang ditemukan NASA ini? Nantikan kabar selanjutnya hanya di KUYOU.id ya!

Hubble NASANASAPenemuan NASAHarta karun luar angkasaAsteroid PsycheApa itu Asteroid Psyche