Fakta Dibalik Viral Pemenang iPhone XR Shopee Pakai Bot, Hoaks atau Bukan?

Fakta Dibalik Viral Pemenang iPhone XR Shopee Pakai Bot, Hoaks atau Bukan?

Fakta Dibalik Viral Pemenang iPhone XR Shopee Pakai Bot, Hoaks atau Bukan?

Fakta Dibalik Viral Pemenang iPhone XR Shopee Paka Bot (Foto: Twitter)


Fakta viral terungkap di balik pemenang iPhone XR Shopee yang ternyata pakai bot. Benarkah begitu? Simak fakta viralnya berikut ini ya gaes. 

Sebuah video yang merekam penggunan bot pada promo Flash Sale Shopee 11.11 beredar di Twitter. Video tersebut diunggah oleh akun Twitter @anasadani11 ada 11 November 2020 lalu.

"Kecurangan event Shopee 11.11," tulis  @aasadani11.

Video rekaman penggunaan bot dalam event Flash Sale Shopee 11.11

Dalam video berdurasi singkat tersebut, nampak sekumpulan pemuda tengah berada dalam satu ruangan yang cukup besar. Mereka nampak sedang mengoperasikan sejumlah bot demi mendapatkan Flash Sale Shopee 11.11. 

Tak berapa lama kemudian, mereka pun berhasil mendapatkannya sambil bersorak sorai. Video itupun hingga kini sudah ditonton oleh lebih dari 608 ribu kali dan diretweet oleh 120 orang. 

BACA JUGA: Viral Netizen Pesan Pakaian di Shopee, Pas Nyampe Malah Baju Godzilla

Klarifikasi pihak Shopee

Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja mengungkap bahwa Shopee Indonesia sudah menindak tegas pengguna yang mendapatkan barang dengan cara curang, salah satunya menggunakan bot. 

"Menanggapi maraknya masukan yang ditujukan kepada Shopee perihal adanya kecurangan dari oknum yang menggunakan cloning app (bot) dalam partisipasinya di salah satu sesi Flash Sale yang diselenggarakan di platform kami. Perlu diketahui, Shopee telah menindak tegas pengguna tersebut," ungkap Handhika. 

Bot sendiri merupakan aplikasi perangkat lunak yang mampu menjalankan tugas berulang melalui internet. Biasanya bot bisa melakukan hal itu lebih cepat dari cara manual yang dilakukan kebanyakan orang. 

Pihak shopee pun melakukan pengecekan dan validasi secara menyeluruh dari sistem dan tim internal shopee. Dari situlah diketahui bahwa orang yang mendapatkan flash sale ternyata menggunakan cara curang, yakni memakai bot. 

Handhika juga mengungkap akun yang menggunakan bot tersebut juga dibekukan. Hingga kini Shopee masih melakukan pemantauan akun-akun yang mengikuti flash sale di Shopee. 

"Akun pengguna yang diketahui menggunakan bot juga telah dibekukan," kata Handhika. 

"Dapat dipastikan Shopee akan selalu mengutamakan keamanan dan kenyamanan berbelanja, dan akan mengambil langkah tegas apabila ada tindakan yang merugikan pengguna kami," tambahnya lagi.

BACA JUGA: Viral Shopee Belanja Gigi Palsu, Pas Dateng Malah Kocak Gini Gaes




Flash SaleShopeePemenang iPhone XR Shopeefakta viral pemenang flash saleflash sale Shopee 11.11

Share to: