Wadaw, Viral Tempat Wisata Lokal Maksain Ala Luar Negeri, Netizen: Krisis Identitas

Wadaw, Viral Tempat Wisata Lokal Maksain Ala Luar Negeri, Netizen: Krisis Identitas

Foto
Wadaw, Viral Tempat Wisata Lokal Maksain Ala Luar Negeri (Foto: Instagram.com/kampuangsarosah)

Belakangan ini sebuah tempat wisata lokal yang menyajikan pemandangan ala luar negeri viral menjadi perbincangan. Benarkan ini adalah salah satu bentuk krisis identitas?

Pembahasan ini bermula dari sebuah pesan anonim di akun Twitter @tubirfess pada 3 Desember 2020 kemarin.

Pengirim pesan dalam cuitan tersebut menyoroti pemandangan di sekitar Lembah Harau, Sumatra Barat yang didekorasi dengan rumah-rumah ala Barat dan replika menara Eiffel yang sangat terkenal di Paris, Prancis gaes.

Rasanya si pengirim pesan menyayangkan bagaimana pengelola tempat wisata lebih memilih dekorasi dari ala Barat dibanding budaya sendiri. Padahal, ada banyak rumah-rumah adat asal Indonesia yang gak kalah indah lho.

Sebut Tempat Wisata ala Luar Negeri Sebagai Krisis Identitas

Kalau kita lihat, dekorasi miniatur ala Barat ini terletak di depan sebuah tebing yang sangat indah gaes. Rasanya, netizen sangat menyayangkan keberadaan replika-replika tersebut yang lebih mencolok dibanding pemandangan alamnya.

Terlebih lagi, hal-hal seperti ini bukan hanya satu tapi banyak banget kita temui di beberapa kota di Indonesia.

"Mana spot wisata kek gini banyak di indo, berasa krisis identitas kaya ga punya unique things yg bisa ditonjolin selain adopsi karya luar negeri," tulis si pengirim pesan melalui akun Twitter @tubirfess.

Mengapa tempat wisata ala luar negeri terus berjalan?

Menarik untuk dibahas, tampaknya ada alasan pasti kenapa tempat wisata ala Barat, Korea, Jepang sangat banyak di Indonesia.

Alasan utamanya adalah, target pasar!

Bagaimana tidak, banyak banget lho masyarakat Indonesia yang tergiur dengan embel-embel tempat wisata yang menyediakan menara Eiffel, bunga sakura, kincir angin ala Belanda dan banyak lagi.

Hal ini yang membuat banyak pengelola taman wisata membuat hal-hal seperti ini. Pengunjungnya ramai sih gaes.

Ditambah lagi, sekarang pengguna sosial media khususnya Instagram berlomba-lomba untuk mempercantik feeds mereka.

Masih membahas target pasar, netizen mengatakan bahwa tempat wisata seperti ini memang dibuat khusus untuk mereka yang belum kesampean untuk ke luar negeri.

Apa lagi lokasi tempat wisata ini berada di sekitar penduduk yang sehari-harinya melihat sungai, gunung dan tebing-tebing. Maka dari itu, bagi mereka tebing yang indah ini sudah tak lagi menarik.

Hal ini sama dengan orang-orang kota yang 'norak' saat ketemu dengan alam yang indah.

Kamu ingat gak si ada TikToker yang viral beberapa waktu lalu karena jalan-jalan ke alam bebas. Saat melihat kambing disebut sebagai binatang liar lho. Coba simak videonya berikut ini.

Jadi gak usah heran ya kalau tempat wisata Lembah Harau ini ramai dan banyak diminati oleh para pengunjung terutama masyarakat sekitar. 

Lembah Harau Miliki Spot Foto yang Indah

Jangan langsung terpancing dengan omongan netizen ya gaes. Nyatanya Lembah Harau miliki banyak spot foto yang indah lho.

Coba lihat beberapa foto berikut ini. Kalau kamu memiliki bakat dalam mengambil gambar dan editing, dijamin gak bakal menyesal sih datang ke sana.

Jadi segala sesuatunya tergantung selera masing-masing ya gaes. Ada banyak kok tempat wisata yang Indonesia banget tanpa embel-embel dekorasi luar negeri. Selama kamu menikmati pemandangan dan bisa mengambil gambar0gambar yang cantik, rasanya gak jadi masalah ya.

Kalau memang tak tertarik, kamu bisa datang ke tempat wisata yang menyajikan pemandangan indah dari rumah-rumah adat di Indonesia. Taman Mini Indonesia Indah lengkap banget kok gaes!

Coba simak cuitan netizen yang satu ini.




Tempat wisata ala BaratKrisis Identitastempat wisataLembah HarauSumatra BaratTebing harau

Share to: