Lima Ajaran Sesat yang Ada di Indonesia versi TikToker, Wajib Tahu

Lima Ajaran Sesat yang Ada di Indonesia versi TikToker, Wajib Tahu

Lima Ajaran Sesat yang Ada di Indonesia versi TikToker, Wajib Tahu

Lima Ajaran Sesat yang Ada di Indonesia versi TikToker (Foto: TikTok @dapasha)


Kalian wajib banget tahu nih gaes, TikToker ini mengungkal lima ajaran sesat yang ada di Indonesia. Apa aja ya kira-kira? Simak berikut ini gaes. 

Indonesia memang dikenal sebagai negara yang plural dengan beberapa agama. Ada 6 agama yang diakui di Indonesia, diantaranya adalah Islam, Protestan, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu. 

BACA JUGA: Viral, Horor Lihat Mbak-mbak di Bioskop Diam aja, Endingnya Gak Nyangka

Tapi, tahukah kamu ada lima ajaran sesat yang sempat menghebohkan Tanah Air beberapa tahun silam. Beberapa ajaran ini juga menyimpang dari ajaran 6 agama yang diakui di Indonesia. 

TikToker bernama Darpasha merangkum lima ajaran sesat yang sempat ada di Indonesia. Apa aja ya gaes? Ini dia daftarnya. 

1. Komunitas Eden atau Salamullah

Komunitas ini didirikan oleh Lia Aminudin atau yang lebih dikenal dengan Lia Eden beberapa tahun silam. Lia Eden mengaku dirinya adalah reinkarnasi dari Bunda Maria, sedangkan anaknya sendiri mengaku sebagai jelemaan Yesus Kristus. Perlu diketahui gaes, jemaat atau pengikutnya sendiri dinamai Salamullah. 

2. Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar)

Gafatar sempat menghebohkan masyarakat Indonesia beberapa tahun silam. Gafatar sendiri didirikan oleh Ahmad Musadeq, ia juga mengaku sebagai nabi kala itu. Padahal dalam ajaran agama Nabi terakhir adalah Nabi Muhammad yang sudah lama meninggal. 

Ia menyebarkan ajaran Alqaedah Alislamiyah yang kemudian dinyatakan sesat oleh MUI pada tahun 2007. Gerakan ini menggabungkan ajaran Islam, Kristen, dan Yahudi menjadi satu.

BACA JUGA: Viral TikTok Olshop Tawarkan Sewa iPhone, Kalu Tertarik Harus ke Kota Ini Gaes

3. Kerajaan Ubur-ubur

@darpasha

Lanjut ke part 2 ##berbagifakta ##tiktokscarynight ##horor ##religion ##agama ##fyp ##foryoupage

♬ Music Box - Nicolas Nadar

Kerajaan Ubur-ubur didirikan oleh pasangan suami istri bernama Rudi dan Aisyah. Aisyah sendiri mengaku sebagai Ratu Kidul yang menganut ajaran Sunda Wiwitan. Ajaran ini dipimpin oleh Nurhalim di Serang, Banten.  Dalam ajaran satu ini meyakini bahwa Nabi Muhammad berjenis kelamin wanita lho gaes. 

4. Dimas Kanjeng Taat Pribadi

Dimas Kanjeng Taat Pribadi meyakini sekaligus mendoktrin bahwa dirinya bisa menggandakan uang lewat praktik Kun Fayakun. Ia juga mengajarkan wirid yang dianggap menyalahi ajaran Islam. 

Gak cuma itu aja, Ia mengungkap bahwa ada bank gaib lho gaes. Karena hal itulah, akhirnya pada tahun 2016, MUI Jawa Timur mengeluarkan fatwa sesat terhadap ajaran Dimas Kanjeng Taat Pribadi. 

5. Puang La'lang

@darpasha

Hati-hati guys dengan maraknya ajaran sesat yang sudah bermunculan ##berbagifakta ##tiktokscarynight ##horor ##religion ##agama ##fyp ##foryoupage

♬ Music Box - Nicolas Nadar

Puang La'lang dinilai mengajarkan dan menyebarkan ajaran Islam secara sesat. Menarikya, ia mewajibkan pengikutnya membayar kartu surga senilai Rp10 ribu sampai Rp50 ribu. Ia juga mengaku dirinya sebagai rasul dan bisa memperpanjang umur pengikutnya. 

BACA JUGA: Viral, TikToker Tunjukkan Rapor SD Tahun 1956 Milik Sang Nenek, Reaksinya Bikin Ngakak Gaes

Nah itu dia lima ajaran sesat yang sempat viral dan menghebohkan masyarakat Indonesia.




ajaran sesatTikToker ungkap ajaran sesatajaran sesat di Indonesia5 ajaran sesat

Share to: