Selain Sakit Perut, Ini 8 Gejala Maag yang Harus Kamu Tahu Gaes!

Selain Sakit Perut, Ini 8 Gejala Maag yang Harus Kamu Tahu Gaes!

Selain Sakit Perut, Ini 8 Gejala Maag yang Harus Kamu Tahu Gaes!

Ini beberapa gejala sakit maag yang harus diketahui (Sumber Foto: Pixabay)


Saat mengalami maag sebagian orang pasti akan merasakan gejala sakit pada bagian perut, yang umumnya bersifat sementara gaes.

Sakit maag adalah rasa nyeri dan tidak nyaman pada lambung gaes. Gejala maag sendiri perlu dikenali dengan cepat agar tidak salah penanganannya. Adapun, keluhan yang muncul mendadak dan memburuk secara tiba-tiba disebut dengan kondisi yang sudah akut gaes.

Maag juga bisa disebabkan oleh beragam penyakit berbeda, seperti refluks asam lambung, radang lambung (gastritis), irritable bowel syndrome (IBS), tukak lambung, dan juga infeksi perut lho gaes.

BACA JUGA: Tips dan Trik Menjaga Kesehatan Paru-paru dengan Baik, Kamu Harus Tahu Gaes!

Selain merasakan sakit di lambung, ada juga lho beberapa gejala maag, yang harus kamu tahu gaes. Penasaran apa saja? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Merasa Mual 

Merasa mual bisa menjadi gejala sakit maag yang disebabkan oleh beragam gangguan pencernaan. Beberapa di antaranya adalah peradangan lambung (gastritis), tukak lambung, dan infeksi perut gaes.

Gejala ini tergantung dengan tingkat maag yang diderita gaes. Kamu mungkin akan merasa mual setiap saat, jika maagnya sudah sangat akut.

Selain karena penyakit tertentu, maag juga bisa disebabkan oleh kebiasaan makan yang berlebihan atau terlalu cepat. 

Masalah ini bisa bertambah buruk dengan adanya asam lambung yang naik ke kerongkongan sehingga menyebabkan sakit perut dan nyeri pada dada laho gaes.

Perut Kembung 

Perut kembung biasanya dialami oleh orang dengan tukak lambung atau gangguan pencernaan lainnya yang mengarah pada penyebab maag gaes.

Perut akan terasa kembung karena kadar gas yang tinggi dalam lambung. Kembung yang dirasakan ini juga berbeda dari kembung bisanya yang terlalu banyak minum gaes. Pasalnya, perut kembung yang merupakan gelaja dari maag akan terasa sangat keras dan menimbulkan ketidaknyamanan gaes.

Nyeri pada Ulu Hati 

Gejala maag yang disebabkan oleh tingginya jumlah asam lambung dikenal sebagai heartburn. Gejala ini digambarkan sebagai sensasi panas pada ulu hati, dada, atau kerongkongan gaes.

BACA JUGA: 8 Tips Diet Sehat Untuk Turunkan Berat Badan, Mau Coba?

Asam lambung yang berlebihan bisa mengalir ke atas dan akan terus mengalir hingga ke ulu hati, dada, lalu mencapai kerongkongan. Biasanya gejala sakit maag ini terjadi pada orang yang memiliki GERD alias penyakit asam lambung gaes.

Mudah Kenyang 

Ketika diserang oleh gejala maag, perut biasanya terasa sakit karena dipenuhi oleh produksi asam lambung dan gas yang berlebihan gaes. Sehingga kondisi ini tanpa sadar bisa membuat kamu mudah kenyang, seperti saat baru makan dan minum gaes.

Padahal, mungkin belum ada sesuap nasi atau bahkan setenggak air pun yang masuk ke dalam perut Kamu. Itu sebabnya, gejala maag kadang bisa membuat malas makan karena merasa kenyang.

Keringat Berlebihan

Maag yang disebabkan oleh terlambat makan bisa menyebabkan gula darah turun lho. Ketika gula darah turun, kamu akan merasa pusing dan badan akan mengeluarkan keringat dingin yang berlebihan gaes.

Sering Bersendawa 

Bersendawa merupakan cara alami tubuh untuk mengeluarkan udara serta gas hasil sampingan dari cairan asam yang menumpuk di dalam lambung gaes. 

Sendawa bermanfaat agar perut yang kembung menjadi lebih lega. Namun, sendawa dalam kondisi tubuh yang sehat ternyata berbeda dengan orang yang mengalami gejala maag lho. Jika biasanya sendawa hanya terjadi sesekali setelah makan, hal ini tidak berlaku bagi seseorang yang mengalami maag, karena biasanya sendawa yang dialami oleh penderita maag akan lebih sering gaes.

Napas Pendek  

Penderita maag biasanya akan merasakan sensasi seperti heartburn, perut kembung, dan mual. Ketika gejala ini terjadi otomatis napas akan terasa lebih pendek, karena terdapat hambatan di saluran pernapasan yang disebabkan oleh naiknya asam lambung gaes.

Nafsu Makan Berkurang

Jika tiba-tiba nafsu makan berkurang atau bahkan hilang, harus hati-hati nih gaes, karena bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh maag.

BACA JUGA: Tips dan Trik Meraih Mimpi untuk Hidup Sukses di Usia Muda, Wajib Tahu Gaes!

Kalau gejala-gejala maag seperti mual dan sakit perut sudah muncul, biasanya nafsu makan juga akan berkurang gaes.

Nah, itu dia 8 gejala maag selain mangalami sakit perut, yang harus kamu tahu gaes. (Olivia Victoria Simanjuntak)




Sakit MaagGejala Sakit MaagPenyebab Sakit MaagGejala MaagMaag Sakit Lambung

Share to: