Tips dan Trik Memilih Jurusan Kuliah dengan Tepat yang Cocok Buat Kamu, Cek Disini Gaes

Tips dan Trik Memilih Jurusan Kuliah dengan Tepat yang Cocok Buat Kamu, Cek Disini Gaes

Tips dan Trik Memilih Jurusan Kuliah dengan Tepat yang Cocok Buat Kamu, Cek Disini Gaes

Cara memilih jurusan kuliah yang cocok buat kamu, informasi tips dan trik di KUYOU.id (Sumber Foto: Pixabay)


Buat kamu yang masih bingung untuk memilih jurusan kuliah yang cocok, ada tips dan triknya nih yang bisa kamu lakukan agar tidak bingung lagi gaes.

Setelah lulus SMA biasanya seseorang akan bingung untuk menentukan jurusan kuliah yang akan dipilih untuk melanjutkan pendidikannya. Bahkan banyak diantara mereka yang masih bingbang memilih jurusan kuliah, padahal sudah memikirkannya mulai sejak awal masuk SMA gaes.

Pada saat memilih jurusan kuliah, pasti juga harus memilih perguruan tinggi atau kampus idaman yang diinginkan, karena nantinya akan menjadi tempat untuk menimba ilmu gaes.

Oleh karena itu, kamu harus memikirkan kampus dan jurusan kuliah dengan tepat sesuai minat dan bakat yang cocok buat kamu agar nantinya tidak akan merasa salah memilih jurusan gaes.

BACA JUGA: Tutorial Menggunakan Apps CLUBHOUSE Audio, Bakal Lampaui TikTok?

Nah, berikut KUYOU.id punya beberapa tips dan trik memilih jurusan kuliah yang cocok buat kamu dengan tepat gaes. Apa saja itu? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Ikuti Kata Hati

Kunci dari memilih jurusan kuliah adalah mengetahui apa yang benar-benar kamu sukai dan harus mengikuti kata hati gaes. Tak hanya soal mata pelajaran sekolah, tapi juga aspek lainnya yang mungkin tidak berkaitan langsung dengan materi pelajaran.

Hal ini akan menjadi panduan buat kamu dalam menentukan jurusan di perguruan tinggi gaes. Sehingga kamu nggak akan terlalu bingung saat harus memilih jurusan A atau jurusan B.

Perhatikan Bakat dan Minat

Dengan mengetahui bakat dan minat yang kamu miliki, maka dengan mudah kamu bisa lebih fokus dalam memilih bidang studi gaes.

Pilihlah jurusan dengan bidang yang sangat kamu sukai di mana kamu ingin berkarya dan tidak merasa lelah dalam melakukannya. Sehingga kamu akan melakukannya dengan sepenuh hati gaes.

Kalau kamu kuliah di jurusan yang tepat sesuai minat dan bakat dijamin deh pasti kamu akan lebih berkembang saat mendalaminya gaes.

Ikuti Tes-tes Gratis

Untuk mengasah kemampuan kamu serta melihat batas atau nlai yang bisa kamu capai, kamu juga bisa mengikuti berbagai tes gratis yang sesuai dengan jurusan incaran kamu agar nantinya bisa memahami sampai di mana kemampuan kamu untuk bisa mendapatkan jurusan tersebut gaes. 

BACA JUGA: Cara Upload Foto Instagram Pakai iPhone X Lewat Laptop atau PC, Enggak Pake Ribet Gaes

Tes yang berulang-ulang juga akan membuat kamu lebih terbiasa dalam mengerjakan berbagai soal, yang nantinya bisa membuat kamu mendapatkan hasil yang lebih baik gaes. 

Kenali Jurusan-Jurusn Incaran Kamu

Demi mengenali jurusan kamu yang diincar, kalian harus mengetahui kelemahan dan kekuatan masing-masing jurusan gaes. Dari situ, kamu akan memperoleh 2 sampai 3 jurusan kuliah, dari banyaknya jurusan yang diincar gaes.

Kemudian, lakukan riset terhadap jurusan yang diminati. Mulai dari jumlah siswa yang diterima, mata kuliah utama, hingga jumlah sks yang harus dipenuhi. Pastikan kamu memang sanggup mengikuti setiap mata kuliah yang akan didapat saat diterima di jurusan tersebut gaes.

Jangan Ikut-ikutan Teman 

Tips yang satu ini penting banget nih buat kamu yang masih bingung dalam menentukan jurusan di perguruan tinggi gaes. Tips ini menganjurkan kamu agar jangan pernah mengambil jurusan karena sedang menjadi tren disekitar dan juga jangan karena jurusan tersebut dipilih oleh banyak teman-teman kamu, maka kamu pun ikut memilihnya gaes. Padahal belum tentu bakat dan minat kamu adalah di jurusan tersebut.

Jadi, kamu harus memilih jurusan berdasarkan minat dan potensi yang dimiliki, karena jika tidak itu justru bisa menghancurkan diri kamu sendiri gaes.

Perhatikan Biaya Kuliah 

Dalam memilih jurusan kuliah perhatikan juga biaya kuliah yang harus dikeluarkan gaes. Bukan biaya 1-2 tahun saja. Tapi biaya keseluruhan, dari sejak semester pertama hingga selesai sidang skripsi kelak.

Ambil contoh, biaya kuliah yang dibutuhkan di jurusan kedokteran dengan sastra atau bahasa akan jauh berbeda. Karena ada banyak praktik yang harus dilakukan oleh para calon dokter dibanding calon sarjana bahasa gaes.

Minta Pendapat 

Jangan pernah sungkan untuk meminta pendapat dari orang lain gaes. Terutama dari orang tua, guru, atau saudara yang pernah kuliah. Cari informasi tentang jurusan yang kamu minati kepada mereka.

BACA JUGA: 8 Tips Cara Menjadi Orang yang Sabar Dalam Menghadapi Masalah, Nomor 3 Penting Banget Gaes

Gali lebih dalam juga soal passion dan bakat yang kamu miliki dari mereka. Semakin banyak informasi yang diperoleh akan semakin baik untuk kamu saat menentukan jurusan di perguruan tinggi gaes.

Nah, itu dia beberapa tips dan trik memilih jurusan kuliah yang cocok buat kamu dengan tepat gaes. Jangan sampai ketinggalan info ternari tentang tips dan trik lainnya hanya di KUYOU.id ya! Semoga bermanfaat~ (Olivia Victoria Simanjuntak)




Tips Memilih Jurusan KuliahTrik Memilih Jurusan KuliahMemilih Jurusan KuliahCara Tepat Pilih Jurusan KuliahTips dan Trik KUYOUTips dan Trik

Share to: