Hukum Berkumur dan Sikat Gigi Saat Puasa, Boleh atau Tidak Ya?

Hukum Berkumur dan Sikat Gigi Saat Puasa, Boleh atau Tidak Ya?

Foto

Ilustrasi foto Berkumur dan Sikat Gigi saat puasa (Foto: Berbagai sumber)


Masih banyak nih yang bertanya-tanya soal hukum berkumur dan sikat gigi saat puasa, kira-kira boleh atau nggak ya? 

Banyak hal yang bisa membatalkan puasa. Diantaranya seperti memasukkan suatu benda ke rongga tubuh dengan sengaja, baik melalui tenggorokan atau lobang tubuh yang lain, seperti hidung, telinga bagian dalam, dan sebagainya. 

Tapi, bagaimana ya dengan berkumur atau menyikat gigi saat puasa di siang hari? Apakah boleh sikat gigi saat berpuasa?

BACA JUGA: Resep Membuat Es Buah dan Aneka Minuman Manis, Cocok Buat Buka Puasa Gaes

Muhammad Anis Sumaji dan Najmuddin Zuhdi dalam bukunya bertajuk '125 Masalah Puasa' mengungkap bahawa menggunakan siwak atau sejenisnya, seperti sikat gigi dengan pasta gigi, dibolehkan saat berpuasa. 

Menurutnya, sikat gigi, baik menggunakan odol atau tanpa odol, hanya memasukkan sesuatu ke dalam mulut yang kemudian dikeluarkan lagi. Oleh karena itu, sikat gigi dianggap tak membatalkan puasa. 

Belum ada sikat gigi saat zaman Rasulullah SAW

Meski pada zaman Rasulullah SAW belum ada sikat dan pasta gigi, ada pendapat yang membolehkan hal tersebut ketika berpuasa. Hal itu merujuk pada ulasan Imam Nawawi dalam kitab Al-Majmu' Syarah al Muhadzadzab. 

Dalam kitab tersebut, Imam Nawawi menjelaskan bila seorang memakai siwak basah lalu airnya berpisah dari siwak yang ia gunakan atau cabang-cabang (bulu-bulu) kayunya itu lepas kemudian tertelan, maka puasanya batal tanpa ada perbedaan pendapat ulama. 

BACA JUGA: 7 Hal yang Bisa Membatalkan Puasa Kamu, Lengkap dengan Hadist Rasulullah

Hukum Sikat Gigi dan Berkumur saat Puasa

Jadi gaes, sikat gigi baru akan dianggap membatalkan puasa jika pasta atau air tertelah ke tenggorokan. Jika tak ada air kumur atau odol yang tertelan maka sikat gigi tak membatalkan puasa.

Namun sebagian ulama menyebut hukum sikat gigi di siang hari saat puasa adalah makruh dan sebaiknya tak dilakukan. Hal itu juga berlaku untuk bersiwak dan berkumur. 

BACA JUGA: Ini Daftar Artis yang Putuskan Jadi Mualaf dan Jalani Puasa Ramadhan Pertama

Nah itu dia gaes ulasan tentang hukum berkumur dan sikat gigi saat puasa. Ingat gaes, sikat gigi baik menggunakan odol atau tidak, berkumur, bersiwak itu hukumnya makruh dan dianjurkan untuk tak dilakukan berlebihan.




Hukum sikat gigi saat puasahukum berkumur saat puasaSikat gigi saat puasakumur saat puasasikat gigi saat puasa boleh atau nggak

Share to: