Biodata Novel Baswedan Lengkap Agama Umur dan Jabatan Terakhir, Penyidik KPK Gagal Tes ASN

Biodata Novel Baswedan Lengkap Agama Umur dan Jabatan Terakhir, Penyidik KPK Gagal Tes ASN

Foto

Biodata Novel Baswedan dalam Kolase (Foto: Instagram @novelbaswedanofficial)


Berikut biodata lengkap Novel Baswedan penyidik KPK senior yang terancam dinonaktifkan.

Novel Baswedan merupakan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri) asal Semarang, Jawa Tengah yang saat ini berusia 43 tahun.

Sosoknya kini kembali menjadi perhatian publik karena  terancam diberhentikan dari KPK bersama dengan 74 penyidik lainnya. Hal ini diketahui dari Surat Keputusan atau SK berisi tentang penonaktifan yang ditandatangani oleh Ketua KPK Firli Bahuri.

Baca Juga: Fakta Terbaru Novel Baswedan Gagal Lolos ASN Terancam Diberhentikan Gaes

Penasaran dengan sosoknya? Yuk simak biodata lengkap agama dan umur Novel Baswedan, berdasarkan data yang dihimpun oleh tim KUYOU.id melalui dunia digital berikut ini!

1. Profil dan Biodata Novel Baswedan

Nama Lengkap: Kompol. (Purn.) Novel Baswedan

Nama Panggilan: Novel Baswedan

Tempat, Tanggal Lahir: Semarang, Jawa Tengah, 22 Juni 1977

Umur: 43 tahun

Keturunan: -

Agama: Islam

Nama Orang Tua: Salim Baswedan (ayah)

Nama Saudara: Anies Baswedan (sepupu)

Nama Pasangan: Rina Emilda

Nama Anak: 4 orang anak

Pendidikan: Akademi Kepolisian 

Profesi: Penyidik KPK, Polri

Akun Instagram: @novelbaswedanofficial

2. Awal Karier Novel Baswedan

Novel Baswedan diketahui lulus dari  Akademi Kepolisian pada tahun 1998 dan mulai bertugas di Polres Bengkulu. Dia pernah menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Bengkulu sejak 2004 hingga 2005.

Sementara itu, kariernya di KPK bermula pada tahun 2007 silam. Kala itu, dia ditugaskan oleh Polri pada institusi tersebut. 

Baca Juga: Fakta dan Profil Ustaz Tengku Zulkarnain Meninggal Dunia Pasca Covid-19

Sejak saat itu, Novel ikut menangani kasus-kasus besar yang ditangani oleh KPK. Dia telah membongkar beberapa kasus besar diantaranya adalah suap mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin pada tahun 2011, kasus korupsi Wisma Atlet terkait SEA Games 2011 hingga perkara pilkada Hakim Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar pada tahun 2013.

3. Kasus Penyiraman Air Keras 

Pada tahun 2017 silam, Novel Baswedan menghebohkan masyarakat Indonesia setelah dikabarkan wajahnya disiram menggunakan air keras oleh orang tak dikenal.

Serangan tersebut terjadi ketika penyidik KPK ini tengah menyelidiki kasus korupsi pengadaan KTP Elektronik yang kasusnya melibatkan sejumlah anggota DPR serta oknum pemerintah salah satunya Setya Novanto.

Dia kemudian mendapatkan perawatan di Singapura dan menjalani operasi di daerah matanya. Kini mata kirinya mengalami kebutaan permanen.

4. Keluarga dan Kehidupan Pribadi Novel Baswedan

Novel Baswedan diketahui menikah dengan Rina Emilda. Keduanya kini telah dikaruniai oleh 4 orang anak.

Sementara itu, penyidik KPK berusia 43 tahun ini merupakan cucu dari Pahlawan Nasional Abdurrahman Baswedan, dan sepupu dari Anies Baswedan.

5. Novel Baswedan Terancam Diberhentikan dari KPK

Sebuah fakta terbaru tentang Novel Baswedan yang terancam diberhentikan dari KPK mulai mencuat.

Diketahui bahwa Surat Keputusan atau SK berisi tentang penonaktifan 75 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pemberhentian ini dilakukan karena pegawai dalam daftar tersebut gak lolos dalam tes wawasan kebangsaan atau TWK gaes!

Baca Juga: Fakta Menarik Go Tik Swan, Keturunan Tionghoa yang Jadi Budayawan dan Pelopor Batik

Nah, salah satu dari puluhan penyidik lainnya ini adalah penyidik senior KPK, Novel Baswedan yang gak lolos tes untuk beralih status menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Itu dia biodata lengkap Novel Baswedan penyidik KPK senior berusia 43 tahun yang terancam dinonaktifkan.




Novel BaswedanBiodata Novel BaswedanProfil Novel BaswedanUmur Novel BaswedanAgama Novel BaswedanKPK Novel BaswedanKeluarga Novel BaswedanKarier Novel BaswedanNovel Baswedan Dinonaktifkan

Share to: