Wajib Tahu! Inilah 5 Jenis Masker Cegah Virus Corona

Wajib Tahu! Inilah 5 Jenis Masker Cegah Virus Corona

Wajib Tahu! Inilah 5 Jenis Masker Cegah Virus Corona

Foto: Istimewa


Mewabahnya virus corona atau COVID-19 di berbagai negara membuat masyarakat khawatir. Dengan jumlah korban yang semakin bertambah makin meresahkan. Namun, salah satu upaya untuk mencegah penularan penyakit ini adalah dengan penggunaan masker.

Meski, belum ada obat penangkal terhadap virus mematikan tersebut, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan setiap orang mengetahui pentingnya penggunaan dan pengetahuan jenis masker itu. 

Diketahui bahwa tidak semua masker baik digunakan untuk upaya pencegahan penyakit, terutama virus corona karena semua harus memenuhi standar kesehtan.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 5 jenis masker yang bisa digunakan untuk menghidnari penyebaran virus corona.

1. Masker N95 dan N100

Foto: Istimewa

Salah satu masker yang dapat mencegah penyebaran virus corona adalah masker N95 dan N100. Masker ini masuk ke dalam kategori respirator yang bermanfaat menghalau virus penyakit. Masker N95 ini mampu menyaring hingga 95 persen virus di udara. 

Masker N95 diklaim mampu mencegah penyebaran virus corona. Meski, penggunaannya kurang nyaman dipakai karena bisa membuat seseorang susah bernapas. Sehingga, N95 ini tidak disarankan untuk mereka yang memiliki penyakit gangguan pernapasan seperti asma. 

Harga masker N95 tersebut memang lebih mahal dari masker bedah yaitu sekitar Rp 50 ribu per satuan. Hal itu dikarenakan kemampuannya terhadap pencegahan virus sangat ampuh.

2. Masker P95, P99, P100

Foto: Istimewa

Masker P95 juga bisa digunakan untuk mencegah virus corona dan memiliki keunggulan berbeda dari yang lain. Bukan hanya mampu menyaring virus, debu, dan partikel berbahaya di udara saja, masker respirator ini juga bisa menyaring partikel mengandung minyak, seperti bensin, solar, cat, minyak goreng, dan minyak tanah. 

3. Masker N99 dan N100

Foto: Istimewa

Masker respirator N99 dan  N100 berfungsi melindungi diri dari berbagai virus dan polusi dari luar, termasuk virus corona. kedua masker ini memiliki tiga lapisan penyaring (filter), yaitu lapisan pertama berfungsi menjebak partikel kasar seperti debu dan pasir, dan lapisan kedua untuk menyaring partikel-partikel yang masuk. 

4. Masker Bedah

Foto: Shopee

Masker bedah yang sering digunakan petugas medis ini bisa menjadi suatu langkah menghindari berbagai virus penyakit, termasuk corona. Masker tersebut dirancang khusus untuk memblokir tetesan cairan, sehingga dapat meminimalisir kemungkinan penularan virus dari orang sekitar. 

5. Masker R95, R99, R100

Foto: Istimewa

Masker jenis R ini juga bisa mencegah polutan yang mengandung aerosol minyak, seperti kabut asap hasil pembakaran batu bara, gas alam, atau minyak. 

Masker tersebut sangat efektif digunakan hingga 8 jam. Namun masker dengan katagori ini sangat sulit didapatkan dibandingkan dengan yang lainnya. 

Masker R95 bisa menyaring aerosol minyak hingga 95 persen, R99 sampai 99 persen, dan R100 mampu menyaring partikel hingga 99,97 persen. 




virus coronajenis maskercegah virus coronaCOVID-19

Share to: