Tips dan Trik Menurunkan Demam Secara Alami Tanpa Obat, Kamu Harus Tahu Ini Gaes!

Tips dan Trik Menurunkan Demam Secara Alami Tanpa Obat, Kamu Harus Tahu Ini Gaes!

Foto

Cara menurukan deman secara alami, informasi tips dan trik di KUYOU.id (Sumber Foto: Pixabay)


Buat kamu yang mau menurunkan demam tanpa harus meminum obat, ada tips dan trik alaminya nih gaes.

Demam merupakan kondisi tubuh dengan suhu yang cendrung tinggi. Biasanya saat demam suhu tubuh seseorang akan mencapai 38 derajat atau lebih. Demam terjadi karena sistem kekebalan tubuh yang sedang melawan infeksi akibat virus, bakteri atau parasit. 

Demam bukanlah sebuah penyakit, melainkan gejala yang seringkali menyertai datangnya suatu penyakit pada tubuh seseorang gaes. Demam pun akan menghilang kalau penyakit yang diderita oleh seseorang sembuh. Saat demam, biasanya kebanyakan orang akan mengkonsumsi obat dari dokter atau klinik lain untuk menyembuhkannya.

BACA JUGA: Tips Cara Obati Sakit Gigi dengan Bahan Alami, Kamu Harus Tahu Gaes!

Tapi selain itu, ada juga lho cara alami untuk menurunkan demam tanpa mengkonsumsi harus obat. Apa itu? Langsung saja yu simak tips dan triknya berikut ini.

Banyak Minum Air Putih 

Saat suhu tubuh meningkat, mungkin tandanya sedang dalam kondisi kekurangan cairan. Sehingga akan mengalami dehidrasi gaes.

Untuk mengatasinya pastikan tubuh selalu terhidrasi. Caranya dengan memperbanyak minum air putih. Dengan melakukan tips ini perlahan suhu tubuh pun akan turun gaes.

Perbanyak Istirahat 

Istirahat menjadi salah satu cara alternatif paling mudah yang dilakukan banyak orang saat dirinya merasa tidak enak badan. Istirahat yang cukup juga bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama untuk menurunkan demam tinggi gaes. 

Jangan dulu banyak beraktivitas ataupun keluar rumah. Gunakan waktu sebaik mungkin untuk beristirahat agar demam segera pulih dan tubuh kembali sehat.

Mandi Air Hangat 

Saat tubuh dalam kondisi demam, mandi dan berendam di air hangat bagus banget lho gaes. Pasalnya, air hangat yang mengenai kulit akan membantu mendinginkan tubuh dan membuat suhu tubuh perlahan menurun.

BACA JUGA: Tips Cara Menggunakan Serum Wajah Agar Berfungsi dengan Baik, Kamu Harus Tahu Ini Gaes!

Sehingga banyak orang yang meyakini, mandi air hangat dianggap ampuh menjadi cara menurunkan demam.

Mengonsumsi Gingseng 

Gingseng adalah salah satu bahan alami yang juga sering dijadikan bahan tambahan untuk obat-obatan. Selain itu, gingseng juga bisa menurunkan demam secara alami lho gaes. 

Terutama jenis ginseng Amerika bisa menjadi alternatif cara menurunkan demam pada orang dewasa. Dengan menjadikannya minuman ramuan gingseng.  

Selain itu gingseng juga bermanfaat untuk membantu mengatasi gangguan tidur, anemia, dan bahkan penuaan dini lho.

Menggunakan Jahe 

Sudah tidak diragukan lagi, jahe dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Maka nggak heran, banyak orang yang menggunakan jahe sebagai bahan alami yang ampuh untuk menurunkan demam tanpa obat gaes. 

Diketahui, jahe memiliki kandungan antibakteri, sehingga gak hanya mengatasi demam saja, tapi bisa juga untuk mengatasi batuk.

Menggunakan Sambiloto 

Sambiloto merupakan tumbuhan yang sering digunakan sebagai obat-obatan alami gaes. Mungkin banyak diantara kamu yang jarang mendengar tentang tanaman yang satu ini, padahal tanaman ini memiliki banyak fungsi dalam Kesehatan lho gaes. 

Tak hanya bisa menurunkan demam, sambiloto juga bermanfaat mengatasi pilek, sakit tenggorokan, batuk, diare, dan bahkan sinusitis.

Menggunakan Bawang Merah 

Selain digunakan untuk memasak, bawang merah juga memiliki khasiat untuk kesehatan lho gaes. Bawang merah bisa dijadikan sebagai salah satu cara menurunkan demam dengan cepat dan alami lho, karena mengandung atsiri, sikloaliin, metialiin, dan floroglusin yang bisa membantu menurunkan panas gaes.

Caranya, yaitu kupas 5 buah bawang merah, parut kasar dan tambahkan minyak kelapa secukupnya. Kemudian balurkan ke ubun-ubun dan seluruh tubuh.

Minum Air Kelapa 

Selain bisa menyegarkan tubuh, air kelapa juga bisa digunakan untuk obat alami lho. Salah satunya digunakan untuk menurunkan demam dengan cepat, pasalnya air kelapa muda mengandung kalium. 

BACA JUGA: Beda dengan WhatsApp, Ini Cara Telegram Dapat Untung Gaes

Saat tubuh mengalami demam, banyak keringat yang keluar untuk menurunkan suhu tubuh. Untuk itu, konsumsilah air kelapa muda untuk menggantikan keringat yang keluar gaes.

Nah, itu dia tips dan trik menurunkan deman secara alami tanpa obat gaes. Semoga membantu~ (Olivia Victoria Simanjuntak)




Cara Alami Menurunkan DemamTips Menurunkan Demam Tanpa ObatObat Demam AlamiGejala DemamTips dan Trik Sembuhkan Demam AlamiTips dan Trik

Share to: