Tips Cara Obati Sakit Gigi dengan Bahan Alami, Kamu Harus Tahu Gaes!

Tips Cara Obati Sakit Gigi dengan Bahan Alami, Kamu Harus Tahu Gaes!

Tips Cara Obati Sakit Gigi dengan Bahan Alami, Kamu Harus Tahu Gaes!

Cara dan bahan alami obat sakit gigi (Foto: Pixabay)


Selain garam, ternyata ada beberapa cara dan bahan alami lainnya untuk mengobati sakit gigi yang harus kamu tahu nih gaes. Apa itu? Yuk simak ulasannya berikut ini. 

Setiap orang pasti pernah mengalami sakit gigi. Sakit gigi merupakan penyakit yang terkesan ringan tapi sangat mengganggu bagi orang merasakannya gaes. 

Orang yang mengalami sakit gigi cendrung akan kehilangan nafsu makan dan lebih emosional dalam melakukan sesuatu. 

Untuk mengobati sakit gigi nggak jarang orang-orng akan meminum obat penahan nyeri atau sejenisnya. Selain itu, ternyata ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi lho gaes. 

BACA JUGA: Tips dan Trik Ampuh Hilangin Medok ala TikToker Ihwan Zaid Nih, Dijamin Ampuh Gaes

Penasaran kan apa bahannya? Langsung aja yuk simak beberapa cara dan bahan alami untuk mengobati sakit gigi berikut ini. 

Menggunakan Es Batu

Biasanya beberapa orang akan menghindari minuman yang bercampur dengan es batu, karena dianggap bisa menyebabkan sakit gigi. Tapi ternyata es batu justru adalah obat sakit gigi yang alami lho gaes. 

Caranya, kamu cukup mengompres gigi yang sakit dengan menggunakan es batu selama kurang lebih 15 menit sampai rasa sakitnya berkurang. Diketahui, suhu dingin yang dihasilkan es batu mampu mengebaskan saraf gigi untuk menghilangkan rasa nyeri di gigi gaes.

Bawang Putih 

Bawang putih dikenal  memiliki kandungan antiseptik alami yang juga bisa menjadi obat sakit gigi yang ampuh lho. Pasalnya, bawang putih memiliki kemampuan untuk melepas allicin serta menghasilkan minyak alami yang berfungsi untuk melawan bakteri gaes.

Cara pakainya gampang banget, kamu cukup kupas bawang putih. Kemudian kunyah atau bisa juga langsung ditempelkan beberapa saat pada gigi yang sakit. Maka perlahan rasa sakit pada gigi akan berkurang gaes. 

Pakai Bawang Merah 

Selain bawang putih, ternyata bawang berah juga bisa dipakai untuk mengatasi sakit gigi lho gaes. Konon katanya, bawang merah ampuh digunakan untuk mengatasi gigi berlubang. Kandungan antimikrobial dan antiseptiknya pun mampu mengendalikan rasa nyeri di gusi atau gigi akibat gigi berlubang.

Caranya, kamu bisa parut atau haluskan bawang merah yang sudah dicuci bersih kemudian tempelkan pada gigi yang berlubang gaes. 

Menggunakan Jahe 

Selain baik bagi kesehatan tubuh, Jahe juga salah satu bahan alami untuk mengobati sakit gigi lho gaes. Kandungan antibiotic pada jahe mampu membunuh kuman yang ada di dalam mulut, terutama di bagian gigi berlubang.

BACA JUGA: Tips Membuat Perjalanan Liburan Mudah & Menyenangkan, Dijamin Harimu Seru Banget Gaes

Caranya nggak jauh beda dengan tiga bahan alami sebelumnya gaes, kamu cukup letakan sedikit potongan jahe pada gigi yang berlubang, kemudian diamkan beberapa saat sampai rasa sakitnya berkurang atau menghilang. 

Daun Jambu Biji 

Kandungan analgesik, anti radang dan anti mikroba yang dimiliki daun jambu biji mampu mengobati rasa nyeri akibat gigi berlubang. Sehingga daun jambu biji ini sering digunakan sebagai obat alami lho gaes. 

Caranya, kamu perlu menumbuk daun jambu biji secukupnya. Kemudian tambahkan air dan rebus hingga mendidih. Diamkan hingga dingin lalu gunakan dengan cara berkumur-kumur.

Minyak Cengkeh 

Minyak cengkeh sudah lama dikenal sebagai obat sakit gigi tradisional, bahkan sudah banyak digunakan dari dulu lho gaes. 

Dengan kandungan eugenol yang terdapat di dalamnya, minyak cengkeh bisa digunakan sebagai anetesi alami yang akan menghilangkan sakit. 

Begitu juga saat sakit gigi gaes. Caranya, teteskan sedikit minyak cengkeh pada kapas, kemudian tempelkan pada gigi yang sakit. 

Cuka Apel 

Cuka apel memiliki kandungan antimikrobal dan antibakteria. Kandungan pada cuka apel memiliki fungsi untuk mengurangi nyeri pada sakit gigi. 

Cara yang harus kamu lakukan adalah melarutkan 1 sendok makan cuka apel ke dalam 1 gelas air. Kemudian gunakan dengan cara berkumur-kumur. 

Atau bisa juga dengan meneteskan cuka apel ke gulungan kapas kecil kemudian tempelkan ke bagian gigi yang sakit gaes. 

Rajin Sikat Gigi

Salah satu hal yang paling penting untuk mencegah sakit gigi adalah rajin sikat gigi gaes. Ini dlakukan agar menjaga gigi tetap bersih. Dengan rajin menyikat gigi bisa meminimalisir terjadinya gigi berlubang. 

Disarankan banget nih untuk selalu menyikat gigi minimal dua kali sehari, yaitu pada pagi dan malam hari gaes. 

Nah, itu dia tips cara mengobati sakit gigi dengan bahan alami yang bisa kamu temukan di rumah gaes. Semoga bermanfaat~ (Olivia Victoria Simanjuntak)

BACA JUGA: Tips Cara Mendapatkan Hasil Maksimal saat Olahraga, Bikin Kamu Anti Mager Gaes~




Bahan Alami Obat Sakit GigiObat Sakit GigiCara Obati Sakit GigiCara Alami Obati Sakit GigiTips dan Trik

Share to: