Fakta Lengkap Cek Saldo dan Tarik Tunai di ATM Link Kena Biaya 2.500-5000 Rupiah, Ternyata Ini Alasannya

Fakta Lengkap Cek Saldo dan Tarik Tunai di ATM Link Kena Biaya 2.500-5000 Rupiah, Ternyata Ini Alasannya

Foto

Kolase Foto ATM LINK dan Fakta Lengkap Cek Saldo dan Tarik Tunai di ATM Link Kena Biaya (Foto: Berbagai sumber)


Tahu nggak sih gaes? Transaksi cek saldo dan tarik tunai menggunakan kartu debit bank BUMN di mesin ATM Link akan dikenakan biaya mulai 1 Juni 2021. Cek yuk fakta selengkapnya dan alasannya berikut ini. 

Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) menyatakan, keputusan tersebut diambil setelah masa pengenalan ATM Link atau dikenal dengan ATM Merah Putih sejak 2015 lalu. 

BACA JUGA: Biodata Marcus Gideon, Lengkap Umur dan Agama, Partner Bulu Tangkis Kevin Sanjaya Curi Perhatian

ATM Merah Putih sendiri merupakan hasil sinergi mesin ATM antar bank milik BUMN yaitu BRI, BNI, Mandiri, dan BTN. 

Mendorong cashless society

Keputusan 4 bank milik negara tersebut diambil untuk mendorong cashless society, atau mendorong masyarakat bertransaksi melalui uang elektronik.

Selain itu, keputusan tersebut diambil untuk mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap penggunaan uang tunai untuk bertransaksi. 

"Dalam rangka mendorong-mendukun Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) atau mendorong cashless Society serta untuk mengurangi ketergantungan masyarakat atas penggunaan uang tunai dalam bertransaksi, Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) sepakat untuk mengembalikan biaya transaksi cek saldo dan tarik tunai," sebut Himbara dalam siaran persnya yang dikutip pada Senin, 24 Mei 2021.

Menurut Himbara, kebijakan tersebut diambil demi mendukung kenyamanan nasabah bertransaksi di ATM Himbara dan sebagai bentuk healthy business untuk menciptakan bisnis berkelanjutan. 

"Hal ini juga merupakan komitmen untuk meningkatkan layanan perbankan inklusif, peningkatan keamanan, dan kualitas layanan yang pada akhirnya menciptakan kenyamanan nasabah dalam bertransaksi," ungkap Himbara. 

BACA JUGA: Biodata Kevin Sanjaya, Lengkap Umur dan Agama, Partner Bulu Tangkis Marcus Gideon Positif COVID19

Tarif transaksi cek saldo dan tarik tunai di ATM Link

Dengan adanya keputusan bersama antara Bank Plat Merah tersebut, maka setiap transaksi cek saldo maupun tarik tunai menggunakan kartu debit BRI, BNI, Bank Mandiri, dan BTN di ATM LINK tak lagi gratis. 

Bank Plat Merah tersebut kompak mengenakan tarif cek saldo sebesar Rp2.500. Sementara itu untuk tarif tarik  tunai di ATM LINK adalah sebesar Rp5.000. 

"Sedangkan transaksi transfer antar bank tidak dilakukan perubahan biaya atau tetap dikenakan tarif Rp4.000," tulis Himbara. 

Artinya, jika kamu melakukan cek saldo atau tarik tunai di ATM Bank Mandiri menggunakan kartu debit Bank Mandiri, maka tak akan dikenakan biaya. 

Namun juka kamu melakukan transaksi di mesin ATM Link jaringan yang berbeda dengan penyedia kartu debit maka akan dikenakan biaya seperti yang telah disebutkan sebelumnya. 

BACA JUGA: Biodata Nessa Novica Lengkap Agama dan Umur, Presenter Sport Berparas Cantik

Nah itu dia gaes fakta lengkap soal penggunaan tarif tarik tunai maupun cek saldo di ATM Link per tanggal 1 Juni 2021.




Transaksi tarik tunai ATM LinkATM LinkTarif Cek Saldo ATM LinkTarif Transaksi ATM LINKTarif cek saldo ATM LinkFakta Lengkap ATM Link kenakan biaya

Share to: