Rilis Lagu 'Bismillah', Basboi Mengaku Lebih Dewasa dan Hadirkan Musik Gospel

Rilis Lagu 'Bismillah', Basboi Mengaku Lebih Dewasa dan Hadirkan Musik Gospel

Foto

Kolase Foto Basboi dalam MV Lagu 'Bismillah' (Foto: Instagram @bas.boi)


Rapper asal Bandung, Basboi kembali merilis single terbarunya berjudul Bismillah. Single ini masuk dalam album terbaru Basboi, Adulting For Dummies.

Album Adulting For Dummies sendiri akan dirilis pada Jumat, 18 Juni 2021. Album tersebut merupakan saksi perjalanan hidup Basboi yang mencari jati dirinya. 

Dalam album berisi 10 lagu ini, musik Basboi akan terdengar lebih dewasa. Ia menghadirkan musik club-ish trap beat dengan aliran rapp yang ketat hingga perpaduan bossanova dan pop.

 

Melalui press conference yang diadakan pada Kamis, 17 Juni 2020, Basboi pun menceritakan bagaimana proses pembuatan karya terbarunya tersebut. 

BACA JUGA: Rilis Album 'Adulting For Dummies', Basboi Ceritakan Permasalahan Anak Muda yang Sedang Mencari Jati Diri

Lebih dewasa lewat lagu Bismillah

Lagu bertajuk 'Bismillah' menjadi salah satu lagu utama dan penutup album Adulting For Dummies. Lagu ini adalah karya kolaborasinya dengan musisi Kamga.

Seperti diketahui, kata Bismillah merupakan sebuah doa yang biasanya diucapkan ketika seseorang akan memulai sesuatu. Namun, lagu 'Bismillah' ini sengaja dijadikan penutup oleh Basboi karena menurutnya setiap akhir pasti akan mengawali hal baru lagi. 

Karena itulah, setiap hal baru tersebut diawali dengan Bismillah sebagai doa dan harapan agar bisa berjalan baik dan lancar. 

"Kenapa lagu Bismillah gua taro di paling akhir tu karena buat gua lagu terakhir dari album ini adalah cuman sebuah permulaan baru lagi buat perjalanan musik gua lagi ke depannya," ungkap Basboi dalam keterangan resminya pada 17 Juni 2021. 

"Jadi setiap akhir enak kayaknya ditutup pake bismillah," tambahnya lagi. 

Rapper pelantun lagu CHING ini juga ingin mendoakan banyak orang yang ingin mencoba bangkit dari keterpurukan akibat Covid melalui lagu Bismillah. 

"Menurut gua karena tahun kemaren lagi banyak jatoh, kayaknya tahun ini banyak yang ingin mencoba lagi, usaha lagi. Gua doain lancar-lancar deh semua urusannya, terus ya Bismillah," tutur Basboi. 

"Sama kayak album gue yang gue keluarinnya dengan 'Bismillah' lah," tambahnya lagi.

Membawa musik gospel

Uniknya lagi, Basboi sengaja mengusung musik bernuansa gospel dalam lagu Bismillah. Menurutnya musik Gospel dirasa cocok untuk lagu tersebut. 

"Kalau ditarik kan, si gospel itu salah satu rootnya HipHop juga, jadi kayaknya cocok lah buat lagu terakhir. Dan kayak jadi sebuah pertanda bahwasanya ke depannya musik Basboi ini akan lebih dewasa pastinya," ungkap Basboi. 

Rapper asal Bandung ini ingin lebih dewasa lagi dari beberapa lagu sebelumnya. 

"Awalnya pengen lagu terakhir itu karakter suaranya lebih dewasa dibanding yang lain. Karena kan kalo bisa didenger dari lagunya sebelumnya mood suaranya lebih childish," ungkap Basboi.  

"Nah pengen menutupnya itu albumnya dengan lagu yang terasa lebih dewasa. Karena kan judulnya pendewasaan, pengennya di lagu terakhir itu ada sedikit pendewasaan lah," tambah Basboi. 

Hadirkan MV Bismillah yang unik

Selain merilis audionya, Basboi juga merilis MV Bismillah pada Jumat 18 Juni 2021. Basboi sempat membocorkan sedikit MV tersebut. 

MV unik ini seperti mengilustrasikan perjalanan hidup seseorang yang tengah beranjak dewasa, persis seperti album "Adulting For Dummies". Basboi sendiri tampil sebagai anak kecil yang tengah duduk di bangku Taman Kanak-kanak. Beralih ke sekolah dasar hingga ke bangku kuliah.  Dilanjutkan dengan bekerja, menikah, hingga punya anak. 




BasboiBasboi - BismillahLagu Bismillah BasboiMusik Gosepel dalam lagu BismillahBasboi Rilis BismillahRilis Lagu BismillahRapper Bandung Basboi

Share to: